KARHUTLA DI PELALAWAN : Kabag Ops Bekali Karyawan PT Musim Mas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Pelalawan, Guna menimalisir serta mencegah kebakaran hutan dan lahan, Selasa (24/01/2017) sekira  jam 09.00 wib, Diadakan Pelatihan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang di areal perusahaan PT. Musim Mas Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

IMG_7002

Dalam pelatihan ini bertindak sebagai narasumber dalam penindakan hukum terhadap pelaku pembakar hutan dan lahan yakni Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Edi Munawar SH

Kapolres Pelalawan Akbp Ari Wibowo,S.I.K melalui Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Edi Munawar SH dalam paparannya menyampaikan penyebab kebakaran hutan dan lahan yang biasa disebut karhutla dapat disebabkan oleh faktor Alam dan manusia, paktor alam yang memasuki musim kemarau, kemarau yang berkepanjangan dapat berakibat naiknya suhu yang tinggi tersebut dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Ditambahkan Kabag Ops, Sambaran petir yang berpotensi kebakaran, perubahan iklim yang terjadi akibat pemanasan global juga dapat menyebabkan terjadinya sambaran petir. Sedangkan faktor manusia yang sering terjadi akibat kesengajaan masyarakat melakukan aktifitas pembukaan lahan dengan cara membakar yang tidak terkendali sehingga meluas ke areal hutan yang menyebabkan kebakaran hutan.

IMG_7024

Disampaikan Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Edi Munawar SH. ancaman hukuman yang dapat menjerat pelaku pembakaran hutan telah diatur dalam Undang – undang No 39 tahun 2014 tentang perkebunan, dengan ancaman pidana 10 tahun dan denda sebanyak Rp. 10.000.000.000.00,- (Sepuluh Miliar Rupiah).

Dalam kesempatan ini Kabag Ops Polres Pelalawan Kompol Edi Munawar SH mengajak semua pihak baik perusahaan maupun masyarakat serta instansi terkait mari bersama – sama kita menjaga wilayah kita dari kebakaran hutan dan lahan karna kebakaran hutan dan lahan ini dapat menimbulkan efek yang luas bagi masyarakat berupa penyakit gangguan pernapasan (Ispa), gangguan penerbangan, sehingga menggangu semua aktifitas masyarakat.*

Penulis : Rahmadi

Editor: Kang Iqbal

Publish: Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password