Satwa K-9 Kembali Berhasil Temukan Korban Gempa di Lombok

Tribratanews.polri.go.id – NTB. Sweety, Satwa K-9 Ditpolsatwa Korps Sabhara Baharkam Polri kembali berhasil menemukan korban gempa bumi yang tertimbun tanah longsor di Hutan Rempek Koak. Dusun Busur, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (15/8).

23
Korban yang berhasil dievakuasi Tim Khusus Ditpolsatwa dan Tim SAR gabungan tersebut diketahui bernama Saiful Bahri (30) yang berprofesi sebagai petani. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Rabu (15/8) korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 7 SR di Lombok, NTB mencapai 460 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho merinci jumlah korban meninggal dunia di Kabupaten Lombok Utara 396 orang, Lombok Barat 39 orang, Lombok Timur 12 orang, Kota Mataram 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, dan Kota Denpasar 2 orang.
Sementara itu, korban luka-luka sebanyak 7.773 orang. Sebanyak 959 orang menderita luka berat dan menjalani rawat inap. Sisanya, 6.774 orang mengalami luka ringan dan melakukan rawat jalan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menambahkan, sejauh ini BNPB mencatat total jumlah pengungsi yang terdapat di Kabupaten Lombok dan Kota Mataram mencapai 417.529 orang. Sebanyak 187.889 pengusngsi adalah laki-laki dan 229.640 perempuan. Pengungsi terbanyak ada di Lombok Utara sementara paling sedikit di Kota Mataram.

Kerugian yang ditimbulkan akibat bencana gempa gumi berkekuatan 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok, NTB dan sekitarnya menembus angka Rp7,45 triliun.

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password