Ganjil Genap Efektif Pangkas Waktu Tempuh

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Perluasan ganjil genap memiliki dampak yang signifikan untuk arus lalu lintas di antaranya mengurangi kecelakaan lalu lintas, mengurangi jarak tempuh dan menambah kecepatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan peningkatan kecepatan tersebut berdasarkan hasil evaluasi selama 12 hari penerapan perluasan ganjil genap pada 1 Agustus hingga 12 Agustus.

“Masalah ganjil genap tadi hasil evaluasi terakhir bahwa dengan ganjil-genap yang sudah diterapkan ini berdampak sangat signifikan di mana terjadi peningkatan kecepatan rata-rata kurang lebih 15 km per jam rata-rata peningkatan kecepatannya,” kata ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (14/8).

Dirlantas belum dapat memastikan apakah nantinya perluasan ganjil genap tersebut akan dipermanenkan atau tidak. Evaluasi bakal dilakukan usai gelaran Asian Games.

“Itu nanti, nanti Asian Games sambil berjalan akan kita evaluasi, nanti keputusan dari pemerintah,” tuturnya.

Kasubdit Penegakan Hukum dan Pembinaan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan sistem ganjil genap dianggap sukses berdasarkan hasil perbandingan yang dilakukan pada 1-12 Agustus dengan 20-31 Juli.

Kecelakaan lalu lintas menurun sebanyak 12 persen yaitu dari 142 kejadian menjadi 125.

Waktu tempuh kendaraan pun mengalami penurunan sebanyak 43 persen. Sebelum ganjil genap kendaraan harus menempuh 15,56 menit, di minggu keempat uji coba ganjil genap menempuh 8,46 menit dan pada minggu dilaksanakan ganjil genap menjadi 8,86 menit.

Untuk kecepatan rata-rata kendaraan, sebelum ganjil genap dilakukan kendaraan berada di kecepatan 20,63 km per jam, minggu keempat uji coba ganjil genap berada di kecepatan 36,01 km per jam dan minggu pertama dilakukan ganjil genap berada di 36,99 km per jam.

“Persentase kenaikan kecepatan adalah 60 persen, sebelum dan minggu pertama pelaksanaan Gage,” tuturnya.

Selain itu, kepolisian mencatat selama 12 hari ada sebanyak 12.998 pengendara ditilang karena melanggar sistem ganjil genap.

(mz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password