“Mobile Water Treatment” Mobil Air Bersih Dari Polri Untuk Pengungsi Gempa Bumi

Tribratanews.polri.go.id – Lombok. Danpaspelopor Korbrimob Polri, Brigjen Pol. Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca, M.Hum., meninjau langsung kondisi posko Resimen III Pelopor di Kecamatan Tanjung, Lombok, NTB, Senin (13/8). Di posko tersebut, Polro menyediakan mobile water treatment yang merupakan mobil berisi air konsumsi bagi masyarakat pengungsi gempa bumi di Lombok.

Kendaraan ini mirip kendaraan taktis Polri lainnya. Besarnya seperti kendaraan water cannon dan tiga perempat bagian mobil ini dipenuhi pipa dan slang. mobile water treatment ini didatangkan langsung dari Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Cara kerjanya adalah menyedot air dari sumber terdekat. Mobil ini melakukan 15 kali penyaringan, dan menghasilkan air minum. Untuk air bersih dilakukan 9 kali penyaringan. Selain untuk minum, air digunakan untuk mandi, untuk (cuci) baju dan peralatan makan.

Untuk standar kesehatan air yang dihasilkan mobile water treatment ini sudah dilakukan pengecekan, di cek melalui particel per milion dari air hasil penyaringan, dan hasilnya dibawah 25. Artinya, air ini layak di minum karena menurut WHO standarnya adalah di bawah 30.

Mobile Water Treatment ini dioperasikan 1 x 24 jam. Dalam satu menit, kendaraan ini menghasilkan 30 liter air bersih jika bahan dasarnya air tawar. Salah satu pengungsi mengatakan, Mobile Water Treatment ini sangat diperlukan oleh para pengungsi, karena sebelum adanya mobil ini banyak pengungsi yang menderita radang tenggorokan karena sulit untuk minum air bersih, dan ada juga yang menderita gatal-gatal di sebagian tubuh karena tidak bisa mandi.

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password