Kapolri Dan Panglima TNI Mendampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke Nusa Tenggara Barat

Tribratanews.polri.go.id – Lombok. Kapolri Jenderal Pol Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.IP., beserta Pejabat Utama TNI-Polri dan Dharma Pertiwi dampingi kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Lombok untuk meninjau kondisi terkini pasca gempa besar berkekuatan 7.0 SR yang mengguncang NTB pekan lalu, Senin (13/8/2018).

Presiden RI beserta rombongan yang tiba di GOR Pemenang pukul 15.30 WITA segera menuju lokasi peninjauan di Posko Pengungsian Kantor Bupati Lombok Utara dan Lapangan Gondang, Kecamatan Gangga. Selain melakukan peninjauan, Presiden RI juga melakukan musyawarah atau dengar pendapat dengan masyarakat yang terkena musibah serta menyerahkan sejumlah bantuan.

d37f8360-6b89-4b6e-9ead-9021f9fcc30a

Bagi Kapolri dan Panglima TNI kunjungan ini merupakan kali kedua, sebelumnya pada Rabu (8/8/2018) bersama Menteri Kesehatan Prof. Dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM meninjau Posko Koramil Lombok Utara. Sedangkan kunjungan kali ini, selain bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini pasca gempa juga bertujuan memberikan trauma healing berupa semangat dan dukungan kepada para korban.

Di sisi lain kedatangan Presiden yang juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bapak Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Bapak Moeldoko, Kepala Basarnas dan Kepala BNPB ke posko pengungsian sekaligus menanyakan keadaan para korban secara langsung ini menjadi kegembiraan tersendiri di tengah duka yang dirasakan, hal ini tercermin dari besarnya antusias para pengungsi yang berebut ingin melihat orang nomor satu di Indonesia itu.

Sebagaimana diketahui bahwa penanganan bencana alam tidak hanya berfokus pada bantuan logistik dan kesehatan, akan tetapi juga mental dari para pengungsi dimana akibat kejadian gempa yang melanda menimbulkan rasa ketakutan dan ketidaknyamanan sehingga perlu adanya upaya pengembalian rasa aman dan kenyamanan. Oleh karena itu, diharapkan kehadiran Presiden dapat menjadi motivasi para korban untuk terus berjuang melanjutkan kehidupannya.

00c56771-59b5-45da-befa-75c406238a19

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asops Kapolri Irjen Pol Deden Juhara, Dankor Brimob Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Kapusdokes Brigjen Pol dr Arthur Tampi, Karo Provost Kapolri Brigjen Pol Rudolf A. Rodja, Karo Psi SDM Kapolri, Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol M. Iqbal, Kabag Penum Kombes Pol. Syahardiantono, Koorspripim Kapolri Kombes Pol Mardiaz K Dwihananto. SIK. MHum, Kasubbag Bungkol Kapolri Kombes Pol. Hendri Umar, SIK, MH, Kaur Bung Spripim Kapolri. Sementara pada rombongan Panglima tampak Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.DA., Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si., Kapuskes TNI Mayor Jenderal TNI dr. Ben Yura Rimba.

Berdasarkan data dari BNPB, hingga hari ini dilaporkan total korban yang meninggal dunia akibat gempa tersebut mencapai 436 orang dengan rincian Lombok Barat sebanyak 37 orang, Lombok Timur sebanyak 12 orang, Lombok Tengah 2 orang, Mataram 9 orang, Kota Lombok 2 orang dan yang terbanyak adalah di Lombok Utara hingga mencapai 374 orang.

Sementara untuk korban luka ringan tercatat ada 783 orang dan luka berat sebanyak 570 orang. Total rumah rusak sebanyak 52.812, dan total pengungsi sementara menyentuh angka 352.793. Serta prasarana pendidikan yang rusak tercatat sebanyak 458 bangunan.

05dbf3f6-9a1a-45ac-a72b-f735b607ab83

Segenap jajaran TNI Polri dan pemerintah baik pusat maupun daerah serta stakeholder dan masyarakat bersatu padu bergotong royong dengan sigap untuk membantu mulai dari evakuasi korban, pendirian tenda, pendirian rumah sakit lapangan, pendirian dapur lapangan hingga membangun sumur bor, hydran, dan MCK di lokasi pengungsian. Tim relawan memastikan akan terus berupaya memberikan bantuan secara maksimal kepada para korban.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password