Wakapolda Jateng Hadiri Kegiatan Pekan Acara Nasional Keselamatan Jalan dan Dialog Nasional

Tribratanews.Polri.go.id. – Semarang. Wakapolda Jateng Brigjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.S.T., M.K., menghadiri kegiatan Pekan Acara Nasional Keselamatan Jalan dan Dialog Nasional oleh Menteri Perhubungan RI, Menlu RI dan Gubernur Jateng di Gedung Merbabu PRPP Kota Semarang, Minggu (12/8/18).

Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekda Provinsi Jateng, Kepala Jasa Raharja Jateng dan Wakil Walikota Semarang serta 1600 peserta dari perwakilan pelajar, masyarakat dan pengusaha muda transportasi angkutan se-Jateng dengan mengusung tema “Sayangi Nyawa Kurangi Kecepatan”.

Menteri Perhubungan dalam dialognya menyampaikan Keprihatinan pemerintah dengan masih ditemukannya kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang sifatnya menonjol, dan maraknya pelanggaran lalulintas, dimana penyebab kematian yang diakibatkan laka lantas adalah urutan nomor 2 dimana untuk Jateng urutan ke 2 angka kecelakaan tinggi setelah Prov Jatim.

img-20180812-wa0039328413166

“Penyebab utama kecelakaan adalah didahuluinya dengan pelanggaran lalulintas, dalam kegiatan dialog nasional ini kita mencanangkan keselamatan adalah sebuah kebutuhan pokok, dan pemerintah dalam hal ini Departemen Perhubungan akan all out dengan menggandeng Polri untuk berusaha menekan angka laka lantas,” ujar Menhub RI.

Menteri Luar Negeri RI dalam forum dialog juga mengharapkan kepada masyarakat Jateng dalam berkendara seyogyanya. “Hati hati, patuhi rambu lalulintas (bukan hiasan atau pajangan di jalan), perhatikan juga kondisi kendaraan untuk kenyamanan di jalan,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah menambahkan bahwa jajaran Pemprov dalam hal ini sedang sosialisasi program ODOL (Over Dimensi dan Over Load) yaitu penetapan batas muatan untuk modal angkutan barang dan manusia. “Bangun mindset masyarakat dalam kesadaran berlalulintas untuk cermin kepribadian kita sebagai masyarakat untuk sadar hukum terutama bidang lalu lintas,” tegas Gubernur.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password