Pemecahan Rekor Muri Dunia: Penyelaman Massal Wanita Terbanyak dan Pembentangan Bendera Terpanjang Dalam Laut Indonesia

Tribratanews.polri.gi.id- Manado. Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke 73 yang dirangkai dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari, serta HUT POLWAN ke 70, para wanita akan mencetak sejarah baru yaitu dengan melakukan penyelaman massal dengan peserta wanita terbanyak, serta pembentangan bendera merah putih terpanjang dalam laut Indonesia, tepatnya di Pantai Manado kawasan Mega Mas.

WhatsApp Image 2018-08-11 at 01.34.12
Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI), Ibu Tri Suswati mengatakan bahwa pada awalnya target panitia adalah 500 orang, namun ternyata animo masyarakat sangat tinggi sehingga jumlah peserta melebihi target. Peserta yang terdaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua, bahkan tercatat satu orang berasal dari Singapura.

Sejumlah 930 peserta tersebut memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari Profesional, Polwan, Wanita TNI, Ibu Rumah Tangga, serta perorangan maupun kelompok divers wanita lainnya dari berbagai daerah. Kegiatan ini ditujukan untuk menggalakkan olahraga menyelam dan membangun interaksi yang harmonis di kalangan wanita, khususnya yang ada di Indonesia.

Peserta yang mengikuti event ini wajib menyertakan sertifikat (lisensi selam minimal Open Water), surat keterangan kesehatan, dan menandatangani Liabiility Released Form, serta melakukan refresh dive minimal satu bulan sebelumnya.

Berbicara mengenai lokasi event, Ibu Tri Tito Karnavian yang juga merupakan Ketua Umum Bhayangkari menjelaskan bahwa pemilihan venue sudah melalui tahap survey atas pertimbangan untuk meminimalisir kerusakan terumbu karang dan keamanan para penyelam. Penyelaman berlangsung di dasar laut pada kedalaman 6 hingga 8 meter yang berpasir.

Acara dimulai pukul 7 pagi diawali dengan defile dari 45 kontingen peserta, dilanjutkan dengan persiapan pemasangaan peralatan. Penyelaman dan pembentangan bendera di bawah laut dimulai pukul 9 dengan dipimpin oleh Ketua Wanita Selam Indonesia, Ibu Tri Suswati.

Selain kegiatan pemecahan Rekor MURI, panitia juga mengajak masyarakat untuk Bersih Pantai dan mengikuti aksi kampanye ‘say no to plastic’ pada tanggal 9 dan 10 Agustus (2 hari sebelumnya) sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan alam, serta promosi destinasi wisata bawah laut Indonesia.

Sementara itu, pihak Polri mendukung penuh kegiatan ini. Karo Ops Polda Sulawesi Utara mengatakan bahwa pengamanan terkait event ini terus dilakukan, baik di darat maupun di lautan, juga dengan mensterilkan arus lalu lintas di sekitar lokasi. Kegiatan ini juga didukung oleh tim medis dan SAR yang siap memastikan acara ini berjalan dengan aman dan lancar, tentunya sesuai harapan bersama.

Karo Penmas Divhumas Polri menyampaikan bahwa event ini juga ditujukan untuk memberikan edukasi pada masyarakat bagaimana wanita hebat Indonesia bisa melakukan hal luar biasa di bawah laut, bukan hanya seremonial saja.

Ketua Umum Wanita Selam Indonesia menerima penghargaan atas rekor yang telah dicetak tersebut dari Pendiri Museum Rekor Indonesia, yakni Bapak Jaya Suprana.
Berdasarkan hasil perhitungan oleh MURI, aksi penyelaman massal ini bukan hanya mencetak rekor Indonesia, tapi juga rekor dunia, karena belum pernah ada jumlah peselam wanita sebanyak ini dan pembentangan bendera terpanjang dalam laut di negara lainnya.

Tentunya hal ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia di dunia Internasional, khususnya bagi para wanita.

Inilah persembahan untuk 73 tahun Indonesia merdeka,
Sang Merah Putih yang perwira, Berkibarlah selama-lamanya.

#INDONESIAHEBAT

Manado, 11 Agustus 2018.

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password