Sosialisasi Pengadaaan Dan Pengembangan Command Center Dipolda Kalbar

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Era Globalisasi membuat suatu tatanan kehidupan berkembang sangat cepat dan tanpa batasan (borderless), perkembangan teknologi melalui media elektronik menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari masyarakat.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono dalam kegiatan sosialisasi pengadaaan dan pengembangan command center  di Mapolda Kalbar yang dihadiri oleh Karofaskonslog Polri, Brigjen Pol Drs. Alfons Toluhula beserta tim, Jumat pagi (10/8/2018).

79C14686-C752-4ECE-97B0-1CAB4B5CDCA0Pemanfataan teknologi tidak hanya berlaku dikalangan manusia dewasa, akan tetapi berkembang pesat di kalangan remaja dan anak-anak. 

“muncul pertanyaan apa sebab hal itu dapat terjadi, faktor utama yang menyebabkan hal tersebut adalah penggunaan berbagai macam gadget yang dapat terhubung ke jaringan internet sehingga mengakibatkan tumbuh suburnya pemanfaatan teknologi pada masyarakat indonesia saat ini dan mungkin disaat yang akan datang, “kata Kapolda Kalbar, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono.

Dijelaskan perkembangan global ini mengubah masyarakat untuk berpikir cepat serta membutuhkan perangkat teknologi untuk memenuhi kebutuhan informasi yang tren, satu sisi revolusi bidang teknologi informasi dan komunikasi, serta teknologi transportasi telah menghubungkan jarak dan waktu dan membuat titik-titik dunia terhubung dalam satu jaringan, inilah salah satu dampak globalisasi yang sangat cepat berkembang.

9EBC2FA1-339B-43C6-82CA-0BD4DB9A0607Saat ini pengguna internet di indonesia di dominasi pengguna pada usia 35-44 tahun dengan tingkat persentase 29,2 % dari penduduk  indonesia atau sekitar 38,7 juta jiwa, tidak hanya itu pengguna internet pada usia 10-24 tahun juga tidak kalah banyaknya yaitu sekitar 18,4 % atau sekitar 24,4 juta jiwa. “Survei yang dilakukan oleh asosiasi penyelenggara jaringan internet indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk indonesia kini telah terhubung ke internet, “jelasnya

Seiring berkembangnya dinamika masyarakat serta perkembangan modus kejahatan/kriminalitas diindonesia khususnya Kalimantan Barat terhadap teknologi, maka Polri terus berkembang dengan melakukan peningkatan kemampuan sarana prasarana disetiap bidang khususnya yang membidangi Multimedia dan ITE. “sehingga Polda Kalbar lebih profesional, modern dan terpercaya dan berkibar (berkinerja dengan benar).

6A379195-F435-4575-8122-BB56E2EFC5D5Sedangkan untuk mendukung quick response Polri dalam melayani masyarakat yang memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi secara terintegrasi, seperti cctv, video conference, object detection, face recognition, call center 110, radio alkom polri dan yang berhubungan dengan IT lainnya.

Pembangunan dan pengembangan tempat/lokasi pusat (kodal) atau disebut ruang command center Polri.  “Alhamdulillah Polda Kalbar sebagai salah satu dari 10 polda yang mendapatkan pembangunan sarana dan prasarana command center Polri T.A. 2018 dari Mabes Polri, “ungkapnya

Command centre ini akan terkoneksi dengan cctv dinas perhubungan pontianak dan memantau kegiatan di PLBN dengan mengkoneksikan cctv seluruh PLBN, serta memantau keamanan/kejadian dan lalu lintas, dan juga bisa dimanfaatkan sebagai early warning detection sebagai fungsi pengawasan dan pusat komando untuk memberikan perintah dan arahan terhadap petugas yang diwilayah terdapat kejadian kriminalitas atau lainnya.

Penulis: Cucu Safiyudin

Editor: Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password