Polda Jabar Gelar Press Release Pengungkapan Tindak Pidana Pencabulan Anak

WhatsApp Image 2018-08-10 at 10.27.17

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Polda Jabar melaksanakan Press Release terkait pengungkapan dugaan tindak pidana pencabulan dan persetubuhan anak dibawah umur yang dipimpin oleh Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. di Mapolda Jabar, Jumat (10/8/18)

Kapolda didampingi Wakapolda,  pejabat utama dan Kabid Humas Polda Jabar. Dalam keterangan yang diberikan, Kapolda Jabar menjelaskan bahwa kejadian tersebut bermula dari awal Februari 2018. Kejadian terjadi dirumah tersangka di Sukasari Kab. Bandung.

WhatsApp Image 2018-08-10 at 10.26.36

Pelaku FS mencabuli anak GSP (13 tahun) diawali dengan perkenalan melalui media sosial. Tersangka membujuk korban untuk bertemu dan mengirimkan video-video porno kepada korban melalui Whatsapp. Dengan bujukan yang dilakukan tersangka, akhirnya korban melakukan hubungan intim dengan tersangka.

Saat kejadian tersebut, tersangka merekan kejadian tersebut menggunakan handphone tersangka dan menggunakannya sebagai alat untuk mengancam korban untuk melakukan hubungan intim kembali jika tidak akan disebarkan video tersebut.

Hingga akhirnya salah satu guru korban menemukan video tersebut dari salah satu siswa dan melaporkannya kepada orang tua siswa sehingga akhirnya tersangka bisa tertangkap oleh Polda Jabar.

Kapolda jabar menjelaskan tersangka melanggar dua pasal pada  Undang-undang Perlindungan Anak no. 17 tahun 2016 tentang Perpu no. 1 tahun 2016 tentang perubahan ke dua atas UU no. 23 tahun 2002 dengan hukuman pada Pasal 81 sanksi pidana minimal 5 tahun maksimal 15 tahun dan Pasal 82 sanksi pidana minimal 5 tahun maksimal 15 tahun.

Selain itu, tersangka juga diduga melanggar UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pada Pasal 27 ayat 1 sanksi pidana 6 tahun.

Dalam akhir keterangannya, Kapolda Jabar menghimbau kepada pihak sekolah untuk rutin memeriksa handphone para siswa agar kasus seperti ini tidak terulang lagi.

(rz/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password