Pengeti Bulan Pancasila, Pemprov DIY Gelar Dhahar Kembul Tumpengan bersama Sri Sultan HB X di Sepanjang Malioboro

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., menghadiri Dhahar Kembul Tumpengan Pancasila bersama Sri Sultan Hamengkubuwono X di Jalan Malioboro Yogayakarta, Selasa (7/8/2018).

tumpengan dhahar kembulAcara yang juga dihadiri rof. Dr. Mahfud MD, KGPAA Paku Alam X, GKR Hemas, GKBRay Paku Alam X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil ketua DPRD DIY Arif Noorhartanto, dan Para Rektor Univetsitas se-DIY ini diselenggarakan oleh Pemerintah Propinsi DIY sebagai rangkaian agenda Bulan Pancasila sejak awal bulan Juni hingga Agustus 2018.

Sri Sultan HB X raja Kasultanan Yogyakarta yang juga sebagai Gubernur DIY di awal sambutannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan memperkuat generasi muda dalam menjaga nilai-nilai Pancasila. Lanjutnya menambahkan Dhahar Kembul ini merupakan perwujudan bentuk karakter masyarakat jogja yang selalu bersama sama dalam segala hal.

“Acara ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga estafet generasi muda dalamm menjaga nilai nilai pancasila, juga memperlihatkan karakteriatik orang jawa dimana saling mengkuyung kebersamaan dalam kondisi apapun,” tutur Sri Sultan dihadapan ribuan masyarakat Jogja yang hadir.

Sri Sultan juga menegaskan kita sebagai masyarakat Jogja yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia harus ikut menjaga nilai ideologi Pancasila, dimana Pancasila adalah wadah untuk melawan berbagai paham yang tidak sejalan dengan nilai Pancasila.

“Pancasila merupakan wadah untuk memerangi paham radikal, intoleran dan terorisme,” tegasnya mengakhiri.

Setelah dilakukan pemotongan Tumpeng oleh Sri Sultan yang menandakan dimulainya Dhahar Kembul. Ratusan tumpeng dalam acara dhahar kembul tersebut didistribusikan ke-17 titik yang tersebar di sepanjang jalan Malioboro, Selasa sore. Ratusan tumpeng tersebut diusung satu persatu, dari titik pengumpulan tumpeng, komplek kantor Gubernur DIY kemudian acara dilanjutkan dengan Pertunjukan seni tari.

timpro Jogja
editor R.Dwi Chandra
Jay

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password