Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Savana Taman Nasional Komodo

Tribratanews.polri.go.idNusa Tenggara Timur. Kebakaran hutan savana terjadi di Gililawa, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur pada Rabu malam, 1 Agustus 2018.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Budi Kurniawan Kejadian itu diketahui dari adanya laporan seorang pemandu wisata sekitar pukul 18.15 Wita. Pihaknya langsung merespon dengan mengerahkan petugas dari Res Loh Sebita dan Res Padar untuk melakukan pemadaman.

Selanjutnya, menyusul tim pemadam kebakaran Balai Taman Nasional Komodo yang dikerahkan dari Labuan Bajo menuju tempat kejadian sekitar pukul 22.00 Wita. “Kami langsung meminta pemandu wisata yang memberikan informasi untuk mendata pengunjung yang terakhir turun dari bukit yang merupakan lokasi terjadinya kebakaran dan menahan mereka,” kata Budi.

Aparat Kepolisian sampai saat ini terus menyelidiki kebakaran yang melanda sekitar 10 hektare padang rumput atau savanna di Gililawa Darat, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kemarin.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Kombes Jules Abraham mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dari Balai Taman Nasional Komodo.

“Penyidik dari Polres Manggarai Barat masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi yang mengetahui peristiwa kebakaran padang savana di Gililawa tersebut,” kata Jules, Jumat (3/8).

Komisaris Besar Jules Abraham Abast mengatakan penyidik masih melakukan pemeriksaan dan belum memastikan penyebab kebakaran tersebut. “Masih diselidiki apakah ada oknum yang membakar hutan tersebut atau karena penyebab lainnya,” ujar Kabid Humas NTT.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password