Ditbinmas Polda DIY Gelar Peningkatan Kemampuan Community Policing Jajarannya

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Wakapolda DIY Kombes Pol Drs. Teguh Sarwono, M.Si. mewakili Kapolda dengan didampingi Irwasda Kombes Pol Adi Wibowo, SH. serta Dirbinmas Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH., MH. membuka Pembinaan Petugas Polmas Polda DIY, Kamis 2 Agustus 2018.

Di depan para Kasat Binmas Polres/Ta serta Kapolsek Jajaran, Wakapolda saat membacakan sambutan tertulis Kapolda meyampaikan, bahwa Community Policing atau Pemolisian Masyarakat (Polmas) merupakan suatu kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat.

“Sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungannya serta menemukan pemecahan masalahnya,” tutur Wakapolda.

Salah satu strategi Polmas dilaksanakan melalui kemitraan dan kerjasama dengan masyarakat atau komunitas. Sehingga pemecahan masalah dapat dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, menurut Wakapolda perlu adanya pembinaan dan penyuluhan, sehingga muncul kesadaran di masyarakat. Bahwa pada hakikatnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tidak dapat hanya dilaksanakan oleh Polri sendiri, namun perlu adanya partisipasi aktif masyarakat terhadap Kamtibmas.

Sedangkan Dirbinmas saat menyampaikan materi pelatihan memaparkan bahwa Community Policing secara umum bisa juga diartikan sebagai bentuk pemolisian yang lebih menekankan kepada Pembinaan Kamtibmas. Menurut Dirbinmas, Polsek sebagai satuan Polri terdepan yang langsung bersentuhan dan berinteraksi dengan segenap potensi masyarakat harus memahami tentang konsep Community Policing.

Ketika kesadaran tentang kamtibmas menjadi kesadaran bersama, maka hal tersebut sudah menghilangkan kesempatan untuk melakukan kejahatan.

“Keberhasilan para Kapolsek dalam mengimplementasikan Community Policing akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap gangguan kamtibmas di lingkungannya. Masyarakat pun kemudian memiliki kemampuan mengidentifikasikan akar permasalahan yang ada di lingkungannya, dan meningkatnya kesadaran hukum,” tutur Dirbinmas mengakhiri pelatihan.

timpRo Jogja

Editor: R.Dwi Chandra

Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password