Ini Upaya Polres Tanggamus Lampung Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

IMG_20180802_52618

Tribratanews.polri.go.id – Guna mencegah serta menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu, Polres Tanggamus melaksanakan kampanye pencegahan.

Kampanye dilaksanakan secara langsung serta menggunakan media banner bertuliskan “Masihkah Kita Menutup Mata, Mari Kita Jaga Kelestarian Hutan dan Lahan untuk anak Cucu Kita Kedepan. Stop Membakar Hutan dan Lahan.”

Mewakili Kapolres, Kasat Bimmas Iptu Hi. Irfansyah Panjaitan mengungkapkan, kampanye pencegahan kebakaran dilaksanakan usai kegiatan Doa bersama Forkopimda dan masyarakat bertempat Lapangan Sekoah SD di Blok 3 Pekon Gunung Doh Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) Kabupaten Tanggamus.

“Kampanye dilaksanakan hari ini, Kamis (2/8/18) siang di Pekon Gunung Doh BNS,” ungkap Iptu Hi. Irfansyah Panjaitan melalui Whatsapp.

Terpisah Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK., M.Si. mengatakan, kampaye pencegahan kebakaran hutan dan lahan dilaksanakan dalam mendukung operasi Bina Karuna Krakatau 2018 Polres Tanggamus yaitu terkait Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan di Wilayah Provinsi Lampung.

“Operasi Bina Karuna Krakatau 2018 ini, dilaksanakan selama 12 hari, terhitung tanggal 30 Juli 2018 pukul 00.00 Wib sampai dengan 10 Agustus 2018, dengan melibatkan 22 personil,” kata AKBP I Made Rasma.

Walaupun belum ditemukan titik hotpsot Karhutla di wilayah hukum Polres Tanggamus, Kapolres tetap meminta kesadaran dari masyarakat untuk tidak sembarangan membakar hutan dan lahan.

“Saya mohon kepada masyarakat untuk sadar sesadar-sadarnya bahwa karhutla itu sangat berbahaya, oleh karena itu mari kita jaga bersama-sama,” harap Kapolres.

Kapolres menegaskan, pihaknya akan secara tegas menindak siapa saja yang terbukti terlibat kegiatan pembakaran lahan secara liar. “Kita tidak main-main, yang terbukti melakukan pembakaran akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya. (*)

Penulis : N.Muslih – Polda Lampung
Editor : Raden Dwi Chandra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password