Polda Jabar Ultimatum Industri yang Buang Limbah ke Citarum

Tribratanews.polri.go.idBandung. Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melayangkan  peringatan keras kepada para pemilik industri di kawasan Daerah Aliran  Sungai (DAS) Citarum yang terindikasi membuang langsung limbah ke Sungai Citarum.

Kapolda Jabar Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., menyatakan, Polda Jabar terus melakukan penindakan terhadap  pemilik industri yang terbukti mencemari Sungai Citarum. Jenderal bintang dua ini meminta  para pemilik perusahaan segera menyediakan dan memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) agar tingkat pencemaran bisa ditekan.

“Kaitan dengan perusahaan di bantaran Citarum, ada yang sudah melakukan  langkah-langkah perbaikan, artinya memperbaiki IPAL-nya dengan benar,  ada yang sedang dalam progress, tapi juga masih ada yang sama sekali belum berubah,” ujar Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., seusai pertemuan dengan para pemilik  industri di DAS Citarum di Hotel Hilton Bandung, Jalan HOS Tjokroaminoto, Kota Bandung, Rabu (01/08).

Kapolda Jawa Barat menambahkan akan berkoordinasi bersama  Satuan Tugas (Satgas) Kodam III/Siliwangi, pihaknya sudah melakukan  pengecekan terhadap 106 perusahaan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7 perusahaan sudah masuk dalam tahap  penyidikan dan sudah dilimpahkan ke kejaksaan (P21). Kemudian, 21  perusahaan dalam proses penyidikan dan 39 perusahaan lainnya menerima  sanksi administrasi.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password