Berantas Mafia Tanah, Polda Jabar Laksanakan Mou Dengan Kanwil BPN Provinsi Jabar

Tribratanews.polri.go.id – Bandung. Polda Jabar melaksanakan MoU ( Memorandum of Understanding) dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat dalam rangka menegakan hukum bagi para pelaku kejahatan dalam hal ini yaitu mafia tanah di aula Riung Mungpulung Polda Jabar, Selasa (31/7/18).

Dalam hal ini, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., dan Kepala Kanwil BPN Sri Mujitono, SH., M.H., menandatangi MoU tersebut yang disaksikan dan dihadiri oleh para pejabat utama masing-masing dari dua Lembaga tersebut.

Sebelum pelaksanaan MoU dengan BPN, Polda Jabar telah melaksanakan MoU dengan Kementerian Agraria, Perumahan, dan Tata Ruang dengan tujuan yang sama, yaitu menegakan hukum kasus-kasus para mafia tanah.

Kapolda Jabar meyampaikan bahwa kerjasama yang baik dan koordinasi yang baik antara Polri dan BPN yang telah tertera didalam MoU tersebut akan membantu dalam memelihara kamtibmas, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terhadap masyarakat. Jika hal ini bisa terpelihara,tentu dapat membantu program pemerintahan dalam bidang pertanahan.

Kasus mafia tanah telah terjadi didalam beberapa kasus yang ada di Jawa Barat dengan segala macam modus yang digunakannya, seperti yang disampaikan oleh Kapolda Jabar. “Mafia tanah ini banyak melakukan bermacam-macam modus pertanahan yang mengakibatkan sertifikat overlapping, sertifikat palsu, alas hak palsu sehingga banyak laporan kepada kami,” tutur Kapolda Jabar.

Selain itu, kapolda jabar juga mengungkapkan bahwa dengan adanya MoU ini dapat membantu dan memberikan kemudahan untuk penyelesaian kasus-kasus para mafia tanah ini. “Jika masalahnya memang murni masalah pertanahan tentunya bisa ditangani dengan cermat serta cepat. Tapi jika masalahnya disebabkan oleh mafia tanah ini tentu perlu koordinasi lintas instansi. Untuk itu, Saya meminta seluruh jajaran Kepolisian Daerah Jawa Barat dan Polres Jajaran agar bekerjasama dengan Kantor Pertanahan membentuk tim terpadu untuk mengungkap mafia tanah,” jelas Kapolda Jabar.

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password