Kalbar Tuan Rumah Pesparawi XII, Polda Menerjunkan 1.100 Personel Pengamanan

CBC57133-D2B5-4C1E-8E33-04FBDC949AB0

Tribratanews.polri.go.id – Kalimantan barat menjadi tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional ke XII tahun ini, yang dikuti lebih dari 8 ribu peserta dari seluruh indonesia.

Sesuai dengan agenda nasional yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya 29 Juli hingga 4 Agustus 2018 selama tujuh hari di Kalbar, Polda Kalbar menerjunkan 1.100 personel dengan perlengkapannya untuk melakukan pengamanan Pesparawi ke XII,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, Sabtu, 28 Juli 2018.

EDCC46C9-CE36-43B5-8335-556C054A8A75Kegiatan Pesparawi Nasional XII ini sudah berlangsung secara resmi mulai hari ini tanggal 28 Juli yang diawali dengan Pembukaan Pameran oleh Pejabat Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji, dilanjutkan dengan acara tanggal 29, yaitu karnaval keliling Kota Pontianak dari seluruh kontingen dari seluruh Indonesia, kemudian puncak kegiatan adalah pembukaan pada tanggal 30 yang rencananya akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo.

Pesparawi nasional yang ke XII adalah  agenda rutin tiga tahunan tingkat nasional dan diikuti oleh kontingen, mewakili setiap propinsi di seluruh Indonesia untuk mengikuti beberapa kategori lomba paduan suara, vocal, musik dan pertunjukan kesenian khas tiap-tiap daerah.

1A83FDC0-AD0F-47C3-A1EB-E793DBF61040“Penetapan Pontianak, sebagai tuan rumah Pesparawi nasional XII tahun 2018 ini, kita amankan dan kita kawal pelaksanaannya agar berjalan aman dan sukses,”  kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono.

Dijelaskan, penyelenggaraan Pesparawi nasional XII di Kalimantan Barat memiliki makna yang penting.  “Karena daerah Kalbar memiliki keberagaman dalam berbagai aspek. Sehingga akan memberikan dampak positif bagi semua kalangan sebagai simbol kebhinekaan serta kesatuan dan persatuan bangsa, dan juga menimbulkan dampak positif di bidang ekonomi dan bidang-bidang lainnya,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono.

0B4BB5F2-74CF-48A1-94C3-722F64BC2918Dikatakan, event nasional ini sebagai bentuk kepercayaan bangsa Indonesia terhadap wilayah Kalimantan Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah. ”Ini adalah salah satu indikator bahwa Kalbar layak sebagai provinsi untuk menyelanggarakan event nasional bahkan internasional, tentunya juga dari perspektif keamanaan Kalbar juga kondusif,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono.

Dijelaskan, sebagai agenda nasional, maka kegiatan ini melibatkan secara aktif pihak pemerintah dan berbagai elemen masyarakat yang menjadi satu kesatuan dalam penyelenggaraan Pesparawi. Baik dalam bidang manajemen maupun sumber daya dan tentunya keamanan.

78BCA9AC-C981-4B62-B7C4-359AD8FC18F0Untuk itulah, sebelum kegiatan ini berlangsung maka pada hari Jumat kemarin, Polda Kalbar melaksanakan apel gelar pasukan, melakukan pengecekan kelengkapan sarana dan prasaran pendukung serta keterpaduan unsur lintas sektoral untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan nasional ini.

“Mari kita mengajak warga Kalbar, satukan tekat dan komitmen untuk memberikan contoh dan membuktikan kepada Indonesia. Bahwa Kalbar siap menjadi tuan rumah, siap mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pesparawi XII tahun 2018,” tutupnya.

(cs,sw,hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password