Polresta Bandar Lampung Berhasil Gagalkan Penyelundupan 3,5 Ton Daging Celeng Ilegal

Tribratanews.polri.go.id – Polresta Bandar Lampung. Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung berhasil menggagalkan penyelundupan daging celeng (Babi Hutan) illegal sebanyak 3,5 Ton.

Daging celeng ini dibungkus dalam sebuah karung berwarna putih ditumpuk dalam mobil box dan ditutupi dengan kardus agar tidak diketahui oleh petugas. 3,5 Ton daging celeng illegal ini berasal dari daerah Banyu Asin, Sumatera Selatan dan rencananya akan di bawa ke daerah Jakarta.

“Tim Satgas Pangan Polresta Bandar Lampung khususnya Polsek KSKP Panjang telah berhasil menggagalkan upaya pengiriman secara illegal daging celeng atau daging babi hutan sebanyak 3,5 Ton yang berasal dari daerah Banyu Asin Sumatera Selatan kemudian rencananya akan di kirim ke daerah Jakarta,” tutur Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Murbani Budi Pitono, S.Ik, M.Si saat ekspose di Mapolresta, Kamis (26/07/18).

Pelaku TI (37), supir  truck box yang membawa daging celeng ini mengaku tidak tahu jika muatan yang berada di dalam mobil tersebut merupakan daging celeng dan pelaku diberi upah sebesar lima juta rupiah untuk membawa mobil truck tersebut ke daerah Jakarta dan sekitarnya.

Penyelundupan daging celeng illegal ini berhasil di ungkap dari hasil pemeriksaan rutin kendaraan yang akan masuk ke dalam Dermaga Pelabuhan Panjang yang dilakukan oleh Jajaran Polsek KSKP Panjang secara cermat dan teliti.

“Kami mencegah jangan sampai hal ini dapat membahayakan masyarakat terutama apabila daging ini di oplos dengan daging sapi, daging kerbau dan lainnya, sehingga ini adalah upaya Satgas Ketahanan Pangan untuk memastikan masyarakat tidak mendapatkan bahan pangan yang dapat membahayakan masyakarat Indonesia yang sebagian besar masyarakat muslim” imbuh Kapolresta.

Akibat perbuataanya pelaku dikenakan Pasal 6 huruf a dan c, Pasal 9 ayat 1 Jo ayat (1) dan (2) Undang Undang Republik Indonesia No. 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan tumbuhan dengan ancaman hukuman paling lama 3 tahun Penjara.(*).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password