Wakapolda Sulut Ajak Mahasiswa Unsrat Berperan dalam Memelihara Kamtibmas, Antisipasi Bahaya Radikalisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Manado. Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M. Hum saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Sam Ratulangi Manado, di Auditorium Unsrat, Rabu (25/7/18).

Turut dilakukan dalam kegiatan tersebut segenap Civitas Akademika Unsrat yang dipimpin oleh Wakil Rektor III Unsrat Prof. Hengky Kiroh, dan ada kurang lebih 5000 mahasiswa yang hadir memenuhi auditorium, untuk mempelajari materi tentang peran mahasiswa dalam menjaga ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Mahasiswa dapat berubah menjadi agen perubahan, sebagai penyambung lidah rakyat di tengah masyarakat, sebagai sosial, penjaga nilai-nilai dalam masyarakat, siswa memiliki peran sentral dalan kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Karena Bangsa Indonesia adalah negara yang unik di dunia, di mana Indonesia merupakan miniatur dari dunia. Secara umum wilayah Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki berbagai macam suku bangsa, bahasa, agama dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa.

“Adik-adik sudah menyaksikan dari radikalisme dan terorisme. Terorisme sudah menghancurkan banyak negara, tetapi karena kesigapan TNI-Polri dan kesadaran masyarakat bahkan kesatuan dan persatuan bangsa maka terorisme di Indonesia masih bisa kita patahkan. Karena radikalisme masih dalam bentuk pemikiran tapi jika terorisme sudah dalam bentuk tindakan nyata. Oleh moralisme dan terorisme yang terus menjadi atensi aparat di negeri ini dan harus menghapus dari sendi-sendi kehidupan di Indonesia, “ungkap Wakapolda.

Wakapolda juga memesan tentang bahaya yang telah dimasukkan ke dalam kelompok dan pelajar. Oleh karena itu mahasiswa harus sadar bahwa narkoba, fisik dan pikiran, jadi mahasiswa harus jauhkan diri dari narkoba.

Maka peran mahasiswa dalam menjaga lingkungan di lingkungan kampus sangat diutuhkan. Untuk itu, semoga setiap siswa dapat memberikan informasi kepada Polisi, ada hal-hal yang berhubungan dengan kejahatan, seperti narkoba, pencurian, dan lainnya, ”tambah Wakapolda.

(sm / sw / hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password