Kesiapsiagaan Hadapi Karhutla, Polres Balangan dan BPBD Dirikan Posko Lapangan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kabut asap dan kekeringan, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mendirikan Posko lapangan, Kamis (26/7) pagi.

Posko siaga bencana kebakaran dan lahan kabut asap serta kekeringan yang berada di terminal Paringin ini direncanakan akan dioperasionalkan selama tiga bulan mendatang dengan dilengkapi peralatan penanggulangan bencana serta personel yang siap sedia memantau Hot spot dan aduan masyarakat baik dari BPBD, Polres Balangan dan unsur terkait.

Muhammad syuhada Kasi kedaruratan di lBPBD Balangan mengungkapkan, pendirian posko ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana karhutla yang berdampak bencana kabut asap dan kekeringan.

Posko ini, kata Syuhada, merupakan posko terpadu dalam penanganan karhutla, kabut asap dan kekeringan.
“Dalam pelaksanaannya, posko yang didirikan akan melibatka unsur FKPD, unsur TNI, Polres serta lainnya,” bebernya.

Ditempat terpisah, Kasat Sabhara AKP Tukiman, mewakili Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK, mengungkapkan bahwa Polres Balangan mendukung penuh penangganan Karhutla dengan mengerahkan personel semaksimal mungkin.

“Dalam hal penangganan Karhutla, Polres Balangan telah menyiapkan personel untuk membantu tim penanggulangan Karhutla, baik secara preemtif dan preventif,” paparnya.

“Kita juga akan mendeteksi informasi-informasi kejadian terkait dengan hot spot dan upaya-upaya penanganan serta pencegahan supaya kebakaran tidak meluas,” imbuhnya.

Segala aktivitas yang berkaitan dengan penanggulangan dan pemadaman Karhutla serta informasi akan dipusatkan di posko siaga darurat Karhutla ini.

Penulis : Sugi, Lois
Editor   : Heru
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password