Sertifikat Tanah Tak Kunjung Jadi, Warga Malangga Tolitoli Unjuk Rasa ke BPN dan DPRD

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Bertempat di Taman Kota Tolitoli, 50 orang warga yang mengatasnamakan Aliansi Gerakan Masyarakat Tolitoli Bersatu Desa Malangga bergerak menuju ke Kantor BPN Tolitoli dengan Konfoi untuk menyampaikan orasi, menggunakan sebuah truk, 4 mobil minibus, dan kendaraan bermotor yang dikawal Sat Lantas Polres Tolitoli dan Bhabinkamtibmas Desa Malangga, Rabu, (25/7/2018).

Selanjutnya mereka berlanjut ke Kantor DPRD Tolitoli, dan dilakukan rapat dengar pendapat yang dipimpin oleh ketua DPRD Tolitoli Andi Ahmad Syarif.

Maksud dan tujuan mereka adalah karena penerbitan sertifikat prona / PTSL sejak tahun 2015 sampai sekarang belum ada kejelasan.

Abd. Salam, salah seorang perwakilan Aliansi Gerakan Masyarakat Tolitoli Bersatu Desa Malangga menjelaskan bahwa sudah beberapa kali berkoordinasi dengan pihak BPN Tolitoli, namun sampai dengan saat ini pihak BPN Tolitoli belum memberikan solusi.

Tuntutan mereka di Kantor BKN adalah pihak BKN segera menerbitkan sertfikat tanah milik masyarakat dan menyerahkanya, mereka juga meminta kepada pihak Kepolisian atau Kejaksaan untuk memriksa pihak-pihak di Kantor BPN Tolitoli terhadap proses pembuatan sertifikat tanah PTSL yang sumber anggaranya berasal dari negara, yang mana di duga anggaran tahun-tahun sebelumnya sudah diserap 100% tetapi masih banyak sertifikat masyarakat yang belum terbit dan diserahkan.

Usai melakukan rapat dengar pendapat bersama BPN Tolitoli, DPRD Tolitoli, dan Aliansi Gerakan Masyarakat Tolitoli Bersatu Desa Malangga, selanjutnya BPN akan mengifentarisir atas kekurangan persyaratan yang belum dilengkapi oleh masyarakat dan menyampaikannya melalui pemerintah setempat, dalam hal ini Desa malangga.

BPN juga akan segera menyerahkan sertifikat PTSL yang telah selesai kepada masyarakat yang berhak.

Lebih lanjut, DPRD menyarankan kepada BPN untuk membuat papan informasi atau pengumuman tentang waktu dan biaya pengurusan sertifikat kepada masyarakat Tolitoli.

(dnv/sw/hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password