Polisi Juga Memiliki Peran Dalam Membantu Ekosob

25FFD96E-2E6C-4DA0-B29C-5FEA1EC09B0D

Ttibratanews.polri.go.id – Dalam paradigma democratik policing, polisi saat ini tidak hanya berkecimpung di dunia kriminal dan penegakan hukum semata, akan tetapi, polisi juga memiliki peran dalam membantu pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya (ekosob).

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menjelaskan, sebagaimana teori herarki needs, security is the main need atau keamanan merupakan kebutuhan hakiki.

795117E3-0E7C-45B3-90A5-192322B4B1F3“Untuk itu, saya akan berupaya menciptakan keamanan ekonomi, sosial, dan budaya di Kalbar. Sehingga pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, dalam sambutan silahturahmi bersama Forkopimda dan pengusaha di Kabupaten Ketapang, Selasa (24/7/2018).

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH menyampaikan, sistem atau regulasi di Indonesia berlaku hukum positif.  Sehingga investor maupun tenaga kerja mengikuti norma-norma sosial kemasyarakatan yang tidak mengikat secara langsung dan juga regulasi hukum yang tertulis. 

9F572789-B7DC-4D94-9592-437980FBFDA8“Dan apabila melanggar tentunya akan dikenakan sanksi terhadap tenaga kerja yang tidak sesuai regulasi,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Ada 560 personel Polri di Polres Ketapang yang siap menjaga, mengawal, dan mengiringi pembangunan daerah Ketapang.  “Tentunya dengan backup penuh dari Polda Kalbar. Situasi Kamtibmas di Kabupaten Ketapang secara umum kondusif. Perlu kita jaga bersama sebagai fondasi yang kuat bagi tumbuhnya investasi,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH. “Saya dan jajaran saya, menjamin keamanan bapak-ibu yang memiliki minat investasi dan mengembangkan usahanya di Kabupaten Ketapang, serta Provinsi Kalimantan Barat,”.

7F9E1B45-4B15-4166-820E-C43A659F20F9Tren kejahatan konvensional secara konsisten dapat ditekan jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Caranya adalah melalui implementasi program 100 hari Kapolda Kalbar.”Upaya cipta kondisi yang kami lakukan adalah untuk mendukung terselenggaranya pembangunan dan agenda nasional di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Ketapang,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Pilkada Serentak 2018 di Kalimantan Barat, yang terselenggara dapat berlangsung dengan aman, damai, lancar dan sukses. Hal tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan Polda Kalbar dalam menerapkan proaktif policing.

4C68FB46-C013-4B1A-88F2-7CB96C9BF185“Dan juga bukti nyata kerja keras kami bersama TNI dan semua stakeholder serta seluruh elemen masyarakat, yang telah mampu menjadikan Kalbar khususnya Ketapang menjadi daerah yang siap untuk semakin maju dalam pembangunan,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Pada kesempatan ini juga, Kapolda Kalbar mengajak masyarakat dan para pengusaha sektor perkebunan untuk tidak membakar  lahan, “Mari kita bersama sebagai anak bangsa harus mensukseskan Asian Games dengan menjaga tidak ada polusi udara akibat titik api karhutla, “jelas Didi Haryono mengajak dan mengingatkan warga masyarakat di Ketapang.

Sebagai informasi diketahui, dalam kegiatan itu dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Kapolres Ketapang dan Forkopimda Ketapang, para pengusaha baik dari ketapang maupun dari luar ketapang, dan para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.  

(dna/sw/hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password