Polisi Temukan dan Musnahkan 4 Hektare Ladang Ganja Siap Panen

Tribratanews.polri.go.id – Lhokseumawe. Puluhan anggota polisi dan awak media yang dipimpin oleh Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta menuju Dusun Cot Rawa Thoe yang berada di Gampong Jurong, Kecamatan Sawang, Kamis (19/7/18). Kawasan tersebut berjarak sekitar 70 km arah barat daya dari kota  Lhokseumawe. Rombongan tiba di tempat pada pukul 13.05 WIB.

Hamparan tanaman ganja siap panen pun terbentang luas yang tersebar di empat titik terpisah. Rombongan yang mencapai 50 orang serta TNI dan ditambah dengan belasan masyarakat Sawang, ikut memporak porandakan tanaman ganja siap panen tersebut.

Satu persatu pohon ganja di cabut sampai ke akar-akarnya. Setelah itu tanaman tersebut langsung dibakar.
Kurang lebih sekitar 3 jam upaya pemberangusan lahan ganja seluas 4 hektar, rombongan pun istirahat.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta dalam kesempatan tersebut memberikan pernyataan kepada wartawan dan mengatakan melihat lahan yang cukup subur, berharap ke depan dapat dialihkan dengan tanaman produktif lainnya. Sehingga pendapatan ekonomi masyarakat sekitar meningkat tanpa melanggar hukum.

Didampingi oleh Kasat Narkoba Iptu Zeska Julian Wijaya dan Kapolsek Sawang Ipda Zahabi serta Danramil Sawang, Kepala Dusun termasuk beberapa pemuda setempat, pemusnahan ladang ganja berjalan sukses dan aman.

Sedangkan dua tersangka dengan inisial H (65) dan M (30) yang ditangkap kini sementara diamankan di Polsek Sawang. Sebelumnya, H mengungkapkan hasil panen ganja tidak tidak dijual keluar kawasan tetapi ada orang datang untuk membelinya ke lokasi langsung.

“Siapa dan dari mana asal pembeli, saya tidak tau,” ujar H dengan logat Aceh yang kental saat Kapolres Ari Lasta bertanya di lokasi lahan ganja.

Begitu pula dengan pengakuan M. Tanaman yang menjadi fokus utama kedua bapak anak ini adalah tanaman cabe dan beberapa batang pohon pinang.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password