Bersatunya Kedua Api Abadi di Candi Prambanan, Tanda Dimulainya Torch Relay Concert Asian Games XVIII 2018

Api Bersatu

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, bersatunya kedua api abadi antara Api Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India dan Api Mrapen Purwodadi Semarang menandakan dimulainya acara Torch Relay Concert Asian Games XVIII 2018 di Lapangan Brahma, komplek Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (18/7/2018) malam. Penyatuan kedua api tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi Menko PMK Puan Maharani.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima api obor Asian Games 2018 dari atlet bulu tangkis senior Susi Susanti dan atlet tenis senior Yustedjo Tarik. Awalnya Susi dan Yustedjo naik kepanggung dengan membawa Api dari India dan menyatukannya dengan api Mrapen di panggung Utama, kemudian oleh kedua mantan atlet tersebut diserahkan kepada Wapres Jusuf Kalla.

Setelah diterima oleh bapak Jusuf Kalla, api obor tersebut diserahkan kepada atlet bulu tangkis asal Yogyakarta, Kinarsih, sebagai perwakilan dari atlet Indonesia. Api obor yang diterima Kinarsih nantinya akan dibawa berkeliling Indonesia.

Sebelumnya, seperti informasi yang dilansir TBNews dari detik.com dalam sambutannya, bapak Jusuf Kalla mengingatkan, penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan pembuktian kehormatan bagi bangsa Indonesia. Selain itu, untuk membuktikan tiga kemampuan bangsa.

“Tentu untuk memperlihatkan kemampuan kita, baik dalam pembangunan infrastruktur olahraga, kemampuan kita mengorganisasi, dan insyaallah kemampuan kita berprestasi dalam berolahraga. Tiga hal tersebut sangat penting,” ujar JK dalam sambutannya.

Menurut JK, api bermakna semangat. Hendaknya api tersebut memberi simbol semangat bangsa Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games 2018.

“Memberi kita semangat, supaya ini semua melatih kita bahwa hanyalah dengan jiwa yang membara kita akan sukses dalam penyelenggaraan Asian Games dan juga prestasi olahraga tersebut,” tuturnya.

Api dari India itu awalnya diinapkan di Museum Dirgantara Mandala, Yogyakarta. Api Abadi dari itu India itu disatukan dengan api dari Indonesia yang diambil dari Mrapen, Jawa Tengah, pada acara konser pelepasan resmi Asian Games Torch Relay di Candi Prambanan malam ini.

Sementara itu, pagi tadi, pengambilan api abadi Mrapen dilakukan oleh Menko PMK Puan Maharani. Api abadi Mrapen merupakan fenomena geologi sumber api yang keluar dari perut bumi dan tidak pernah padam meski diguyur hujan.

Api Mrapen itulah yang dipertemukan dengan api abadi dari India melalui seremoni penyalaan kirab obor Asian Games 2018 di Candi Prambanan.

Konser kirab obor ini dihadiri Wakapolri Komjen Pol Drs. Syafrudin, M.Si, Gubernur Diy Sri sultan HB X, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Erick Tohir (Ketua INASGOC), Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Pangdam Diponegoro Mayor Jendral TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., Kadispenad, Danrem 072 dan 074, para forkompimda DIY dan 45 perwakilan negara peserta Asian Games 2018 serta para atlet dan artis.

(dnl/sw/hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password