Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan Rutin Itwasum Polri Tahap II 2018 di Polda DIY

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasum Polri Tahap II T.A. 2018 pada Aspek pelaksanaan dan pengendalian di jajaran Polda D.I.Yogyakarta, Rabu (18/7/218).

Kegiatan yang digelar di gedung Serbaguna Mapolda DIY ini dihadiri langsung oleh Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri Irjen Pol. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H., beserta Tim Pemeriksa diantaranya Kombes Pol. Suharsono, Kombes Pol. E. Krismanto, dan Kombes Pol. Bambang Pristiwanto. Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., Para Pejabat Utama Polda DIY dan Jajarannya pun turut hadir.

Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wairwasum mengatakan bahwa Pengawasan dan pemeriksaan adalah salah satu fungsi dari manajemen Kepolisian yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran agar dapat dilaksanakan secara efisien transparan dan akuntabel.

“Itwasum Polri sebagai pengawas internal Polri melaksanakan pengawasan berdasarkan peraturan pemerintahan nomor 60 tahun 2008, Permenpan RB nomor 5 tahun 2008, Peraturan Kapolri Nomor 18 tahun 2011 dan Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun2015 tentang pengawasan dan pemeriksaan khusus di linngkungan Polri,” kata Irwasum dalam sambutannya.

Sementara itu, Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., mengatakan pengawasan dan pemeriksaan rutin irwasum Polri ini merupakan salah satu fungsi manajemen yang dilaksanakan terhadap kinerja Polri dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi POLRI telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Keberhasilan yang telah dicapai Polda DIY yaitu penilaian laporan kinerja instansi pemerintah Polda DIY dengan peringkat baik. Polres Bantul dan Polresta Yogyakarta pelayanan publik ITK terbaik 1 dan 2,” tutur orang nomor satu di Polda DIY tersebut.

Selain itu, pada Bidang keuangan menjadi satker dengan penyerapan anggaran terbaik tahun 2015 sampai dengan 2017. “Hasil prestasi penilaian dari Mabes Polri tentang pelaksanaan reformasi birokrasi Polri dilanjutkan keberhasilan mendapatkan penghargaan di tahun 2017 dengan meraih prestasi pelayanan SKCK terbaik pada Polres Kulonprogo pelayanan SIM terbaik pada Polres Gunungkidul,” sambungnya

Dalam Taklimat Awal Itwasum Polri tersebut, sasaran kegiatan pengawasan dan pemeriksaan visum Polri pada tahap 2 tahun 2018 pada aspek pelaksanaan dan pengendalian diantaranya pelaksanaan program yang dicapai, realisasi penggunaan program anggaran, serta pertanggungjawaban keuangan.

(dnl/sw/hr)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password