Polri Selidiki Penyebab Lonjakan Harga Telur dan Daging Ayam

ym3

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Polri sedang berupaya menyelidiki penyebab lonjakan harga telur ayam yang kini mencapai Rp 32.000 per kg, jauh di atas harga acuan yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 22.000 per kg. Tak hanya telur, kenaikan harga daging ayam juga mendapat perhatian khusus dari Satgas Pangan.
Harga daging ayam di tingkat pengecer saat ini sudah mencapai Rp 45.000 per kg. Padahal harga acuan yang ditetapkan pemerintah untuk daging ayam Rp 32.000 per kg.

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H. yang juga merupakan sebagai Kepala Satgas Pangan mengatakan beberapa pihak telah dimintai keterangan. Jika harga tak kembali normal dalam satu pekan ini, Satgas Pangan akan melakukan operasi pasar.

“Dari pihak integrator, mereka tidak ada yang naik. Tapi ada anomali, ada sesuatu yang harus kita teliti. Pak Mendag minta 1 minggu ini, kalau tidak ada perubahan kita makan akan turunkan langsung operasi pasar,” ujar Kadiv Humas Polri.

Lebih lanjut Kadiv Humas Polri mengungkapkan, dari laporan di lapangan tidak terjadi kendala distribusi ke daerah-daerah yang menjadi pasar telur. “Distribusi tidak ada masalah. Apakah di tingkat pangkalan atau broker yang ambil untung banyak. Tapi sebetulnya kebutuhan turun karena sudah tidak ada kegiatan-kegiatan,” ucap Jenderal Bintang Dua tersebut.

Ketua Umum Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional Herry Dermawan mengaku menemukan harga ayam hidup di Ciamis (tempat peternak paling jauh) mencapai Rp 24.500/kg. Jika dikirimkan ke Jakarta, harga normal hanya Rp 27.000/kg. Namun pemotong ayam di Jakarta harus membeli Rp 35.000/kg. ”Hal ini mencurigakan. Satgas pangan harus turun untuk membina,” katanya.

Di sisi lain, dia berpendapat kenaikan harga telur juga dipicu permasalahan dari sisi pasokan, seperti produksi terhenti selama libur Lebaran, dan produktivitas ternak turun akibat virus, iklim, serta masalah pakan.
Berdasar data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga daging ayam ras Rp 39.100/kg, jauh di atas harga acuan Rp 32.000/kg. Harga telur ayam tembus Rp 27.200/kg, jauh di atas harga acuan Rp 22.000/kg.

(dnv/sw/hr)

Admin Polri53937 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password