Polresta Surakarta Dan Bea Cukai Gelar Konferensi Pers Terkait Penggagalan Penyelundupan Narkotika dari India

WhatsApp Image 2018-07-12 at 11.16.55

Tribratanews.polri.go.id – Surakarta – Kapolresta Surakarta Kombes Ribut Hari Wibowo menggelar konferensi pers atas keberhasilannya dalam menggagalkan penyelundupan 316 gram sabu-sabu dari India yang dikirim melalui PT Pos Indonesia, di Mapolres Surakarta Polda Jateng, Rabu (11/7/18).

Petugas kepolisian berhasil menangkap dua orang diduga kurir Coni Wisnu Dimarga alias Kimin alias Jaka Subagya dan Agus Pujiyanto yang mengambil barang haram berbentuk kristal tersebut dari kantor pos. Setelah dibuka diketahui terdapat tujuh paket sabu-sabu yang masing-masing dililit lakban.

Keberhasilan Satnarkoba Polresta Surakarta ini, setelah mendapatkan informasi dari petugas Bea Cukai yang bertugas di Kantor Pos Besar Solo. Petugas mencurigai paket dari India yang terbungkus dalam kotak kardus setelah melakukan scanning menggunakan mesin X-Ray pada 2 Juni lalu.

Kapolresta Surakarta didampingi Kasat Narkoba Polresta Solo, Kompol Edy Sulistiyanto menjelaskan kedua tersangka hanyalah kurir. Dalam penyidikan diketahui penyelundupan sabu-sabu asal India itu dikendalikan seseorang dari dalam rumah tahanan (rutan) di Jawa Tengah.

“Alhamdulillah berkat kerja sama strategis antara Bea Cukai dan Polresta Surakarta, kami bisa mengamankan barang bukti sabu-sabu dengan berat 316 gram atau 3 ons 16 gram. Barang bukti ini kami sita berkat kejelian rekan-rekan Bea Cukai dan pemantauan tak kenal lelah dari anggota dari Bea Cukai Solo,” tegas Kapolresta Surakarta.

Melihat kejadian tersebut Polresta Surakarta akan terus mengembangkan kasus tersebut untuk mengungkap jaringan peredaran narkoba yang lebih luas lagi. Kedua tersangka tersebut akan dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider 112 ayat (2) Undang-undang (UU) No. 35/2009 tentang Narkotika. Keduanya diancam pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password