Pusdokkes Polri Gelar Sosialisasi Fungsi Kedokteran dan Kepolisian di Jogja

sos pusdokkes polri

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. menghadiri “Sosialisasi Fungsi Kedokteran dan Kepolisian” yang digelar di Ballroom Hotel Tentrem, Kamis 12 Juli 2018. Acara yang digelar oleh Pusdokkes Polri ini untuk bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada jajaran Bhabinkamtibmas se-DIY.

Dari Pusdokkes Polri, hadir sebagai pemateri, Kabid Dokpol Pusdokkes Polri Kombes Pol Dr. Pramujoko, Sp.F., DFM., dan Kabid Keskamtibmas Biddokpol AKBP dr. Lastri Rianti. Hadir pula dalam sosialisasi ini Pejabat Utama Polda DIY.

Kapusdokkes Polri Brigjen Pol Dr. Arthur Tampi dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, bahwa tanpa disadari, kondisi masyarakat di Indonesia saat ini mengalami banyak perubahan dari dulunya masyarakat yang bergotong-royong menjadi masyarakat yang egois dan tidak peduli kepada lingkungan serta materialistik.

“Sikap masyarakat yang tidak peduli akan lingkungan ini sangat merugikan dan terbukti bahwa para pelaku kejahatan pedofilia banyak melakukan aksinya dengan leluasa bahkan bisa tinggal dengan lama di suatu rumah korban tanpa disadari gerak-geriknya,” katanya.

Menurutnya, peran Bhabinkamtibmas sangat menjadi penting dan tepat untuk dikedepankan. Para Bhabinkamtibmas juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai serta dapat bekerjasama dengan semua unsur dari bagian Kepolisian termasuk di dalamnya Biddokkes. Hal ini untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya masyarakat yang rentan terhadap jenis kejahatan tertentu.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dikembangkan petugas Polda DIY yaitu melalui program Dokpol cilik. Ini adalah merupakan hal yang tepat sebagai salah satu media untuk pendekatan kepada anak-anak dalam rangka berlatih berdisiplin maupun memberikan pengetahuan. Yang sekaligus memberikan perlindungan kepada mereka terhadap pelaku dan kejahatan pedofilia atau kejahatan lainnya,” kata Kapusdokkes dalam sambutannya.

Sementara itu, Kapolda DIY mengatakan bahwa Indonesia adalah negara rawan bencana geologi atau bencana alam. Sehingga untuk mengurangi korban jiwa dan harta benda, masyarakat harus diberi pemahaman yang benar tentang bencana alam sebagai upaya mitigasi bencana.

“Oleh hal itulah dengan Sosialisasi Dokpol bagi Bhabinkamtibmas yang bertujuan sebagai pembelajaran untuk menyiapkan diri pada saat bencana terjadi serta dapat meningkatkan kemampuan personel Bhabinkamtibmas dalam menangani korban akibat bencana,” terang Kapolda.

polisi cilik Kemampuan dari Kedokteran Kepolisian dalam kepentingan pelaksanaan terhadap tugas tugas operasional Kepolisian dan memberikan perlindungan, menurut Kapolda adalah merupakan hal yang sangat penting bukan hanya untuk kepentingan sipil melainkan juga untuk kepentingan penyidikan bagi penegakan hukum.

“Sebagai langkah nyata dan inovasi dalam bidang Diklat fungsi Dokpol, Biddokkes Polda DIY bersama Bhabinkamtibmas telah melakukan pembinaan mengenai pengenalan dan penanggulangan bencana kepada Putra Putri SDN Bhayangkara yang dikenal dengan sebutan Dokpol Kecil,” ujarnya.

Kapolda berharap agar terus meningkatkan sinergitas dan kekompakan seluruh komponen masyarakat secara nyata dan operasional. “Agar penanganan korban pada kasus bencana massal dapat tertangani secara profesional,” sambungnya.

Dalam sosialisasi Fungsi Dokpol tersebut diisi dengan beragam materi diantaranya tentang Aplikasi Dokpol pada penugasan Bhabinkamtibmas, Dokpol DIY sebagai Pioner dalam mengembangkan peran Dokpol untuk Bhabinkamtibmas, Kesehatan Lapangan (Keslap) PPGD untuk Bhabinkamtibmas, serta Deteksi dini Narkoba.

Selain sosialisasi fungsi Dokpol tersebut, turut dimeriahkan dengan penampilan dan peragaan tentang simulasi penanganan ledakan petasan oleh siswa siswi kelas 4 SDN Bhayangkara, Klitren Gondokusuman Yogyakarta. Disimulasikan bagaimana petugas Dokpol Cilik melakukan penanganan pertama terhadap korban dan pengamanan area.

timpRo Jogja
editor R.Dwi Chandra
Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password