Forum Komunikasi Pengelola Medsos Instansi Pemerintah se-DIY

tribratanews.polri.go.id Polda DIY, Bidang Humas DIY menghadiri pertemuan Forum Komunikasi Pengelola Media Sosial Instansi Pemerintah, Rabu 4 Juli 2018.

Acara yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY ini menghadirkan Narasumber GKR Hayu, Pengageng Tepas Tandha Yekti Kraton Jogja dan Ir. Roni Primanto Hari, MT. Kepala Dinas Kominfo DIY. Peserta pada forum ini berasal dari instansi Pemerintah Daerah, SKPD serta Instansi vertikal di DIY.

Dengan dipandu Drs. Bayu Februarino Putra, GKR Hayu berbagi pengalaman dalam mengelola akun media sosial Kraton Jogja. Dalam pandangan GKR Hayu, keberadaan media sosial merupakan sarana yang tepat bagi Kraton dalam menyampaikan informasi – informasi yang tidak diketahui masyarakat luas.

Menurutnya, banyak informasi dari dalam Kraton yang seharusnya diketahui oleh masyarakat, sekalipun ada hal – hal yang bersifat khusus dan hanya untuk internal saja.

Terkait perbincangan masyarakat di dunia maya, Gusti Hayu menyampaikan bahwa dalam posisinya sebagai pengelola akun @kratonjogja, tidak jarang menerima keluhan dan komplain terkait situasi di DIY.

Secara khusus, GKR Hayu menjelaskan bahwa untuk menjaga kesinambungan informasi dan konten pada akun @kratonjogja, dirinya memerlukan dukungan. Sebagaimana kapasitasnya sebagai Pengageng Tepas Tandha Yekti yang bertugas salah satunya dalam pengelolaan informasi publik.

Sedangkan Kepala Dinas Kominfo DIY memaparkan bahwa keberadaan media sosial mempengaruhi pola komunikasi publik lembaga pemerintah. Disebutkan juga, bahwa untuk pengelolaan media sosial, instansi pemerintah memiliki pedoman. Pedoman tersebut yaitu Peraturan Menteri PAN dan RB Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2012, Tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial instansi Pemerintah

Selain itu, dengan forum ini sesama pengelola bisa saling berbagi pengalaman terutama dalam menajemen krisis informasi publik.

Ir. Roni berharap forum komunikasi ini berlanjut untuk lebih meningkatkan sinergi antar instansi pemerintah melalui media sosial. (dnd/sw/hr).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password