Wakapolda Papua Melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kab. Paniai Dalam Rangka Pemantauan Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id – Kabupaten Paniai. Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Yakobus Marjuki didampingi oleh Kasdam XVII Cendrawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiaca melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Paniai dalam rangka pemantauan langsung Pilkada Serentak 2018, Rabu (26/6/18). Kunjungan tersebut terkait polemik Pilkada di Kab. Paniai.

5f8c6647-4a8a-487a-9062-2945f88b69c9

Kegiatan tersebut diikuti oleh Danrem 172 / P VB Brigjen TNI Bahman, Kasi ops Korem 172 PVB Kolonel Inf Jarot, serta Kasie Intel Korem Letkol Inf Arif Tri. Rombongan dijemput oleh Penjabat Sementara Bupati Paniai Musa Isir, Pamatwil Kombes. Pol. Daniel Prio, Kapolres Paniai AKBP Supriyagung, Wadir Intelkam Polda Papua AKBP Leornadus Nabu.

Wakapolda Papua menyampaikan pada kedatangannya dalam ranga kunjungan kerja, agar seluruh anggota TNI-Polri netral dan siap dalam melaksanakan pengamanan Pilkada di Kab. Paniai. “Pilkada merupakan tanggung jawab bersama. Jangan sampai ada yang golput, bila ada kedapatan pihak yang mengajak golput maka sudah melanggar Pidana. Maka dari itu, TNI-Polri harus tegas agar Pilkada berjalan aman dan damai,” tegas Brigjen Pol. Yacobus.

df5ca600-dbda-4f4b-a3f0-9a6d2753adfe

Selanjutnya, Wakapolda beserta rombongan menuju kantor KPU Kab. Paniai untuk bertemu masyarakat yang melaksanakan demo. Wakapolda menyampaikan harapannya agar Pilkada berjalan secara damai, tidak ada korban. Tidak lupa ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang memiliki semangat demokrasi. “Kami TNI-Polri bekerja secara netral untuk menjaga pilkada tanpa keberpihakan. Terima kasih kepada para tokoh-tokoh yang mendukung Pilkada bermartabat dan demokratis sehingga tidak ada pelanggaran yang terjadi,” tegas Wakapolda.

fbda07dc-45ff-4f93-a62b-ad840db352e4

Wakapolda melanjutkan pertemuan dengan Ketua KPU Provinsi secara tertutup, Paslon yang tidak memenuhi syarat (TMS), dan Komisioner KPU untuk mencari solusi bersama. Sehingga pada akhirnya Paslon TMS, Yehuda Gobai menemui massa untuk membacakan surat pernyataan Ketua KPU Provinsi bahwa pelaksaaan Pilkada di Kab. Paniai diundur hingga koordinasi dengan KPU Pusat dan Bawaslu. Massa pun akhirnya membubarkan diri dengan aman dan kondusif.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password