Kapolda DIY Buka Rakernis Fungsi Tahanan dan Barang Bukti

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. membuka Rakernis Fungsi Tahti. Tema yang diangkat kali ini adalah “Melalui Rakernis Fungsi Tahti, Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kemampuan Personil Tahti Menuju Polri yang Promoter”, Selasa 26 Juni 2018 di Aula Ditpamobvit Polda DIY.

Rakernis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan profesonalisme para pelaksana tugas di bidang tahanan dan barang bukti.

Dalam sambutan pembukaan, Kapolda DIY menyampaikan bahwa Direktorat Tahanan dan Barang Bukti ini merupakan satker dengan tugas khusus, menyelenggarakan pengamanan, penjagaan dan pengawalan serta perawatan tahanan. Karena dalam melaksanakan hal tersebut, kepolisian harus bisa memastikan pelayanan kesehatan dan pembinaan tahanan serta mengamanankan dan menyimpan barang bukti serta administrasinya. Hal ini untuk membuat Penyidik Polri fokus pada penanganan perkara.

Kapolda berpesan dalam mengurus tahanan agar para tahanan selalu dijaga kesehatannya, apabila tahanan sakit sesegera mungkin dikoordinasikan dengan Biddokes agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta tahanan dibimbing dan dibina keimananya.

Salah satu wujud profesionalisme pelaksanaan tugas pokok tahti adalah tidak menerima titipan orang apabila statusnya belum jelas atau belum ada surat perintah penahanan dari Penyidik. Hal tersebut menurut Kapolda merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Saat membuka Rakernis ini Kapolda didampingi oleh Irwasda Polda DIY Kombes Pol Adi Wibowo, SH. dan Direktur Tahti AKBP Martohap Marpaung, SH., S.Sos., MH.

Sebagaimana pengantar yang disampaikan oleh Dirtahti, Rakernis ini diikuti oleh 90 peserta, terdiri dari anggota Dittahti Polda DIY, Para Kabag Binops Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Ditresnarkoba, Ditpolair dan Ditlantas, serta Kasat Tahhti, Polres/Ta, dan perwakilan Bintara Tahti, Polres dan Polsek Jajaran.

Hadir sebagai pemateri, Ka Subsi Administrasi dan Pemeliharaan Rubasan Klas I Yogyakarta, Kasubdit Pemeliharaan Tahanan Dittahti Kompol Veronika Endang S., SH., Kasubdit Pemeliharaan dan Perawatan Tahanan Kompol Suharno, SH, dan Kasubdit Barang Bukti Kompol Suharyono.

timpRo Jogja
editor : R Dwi Chandra
jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password