Kunjungan Kapolda Jatim Ke Polres Sampang Minta Perketat Pengamanan Saat Pesta Demokrasi

Tribratanewspolri.go.idSampang. Kapolda Jatim Inspektur Jendral Pol Machfud Arifin , S.H meminta agar Polres Sampang, Madura, Jawa Timur memperketat untuk pengamanan saat pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan, yakni Pilkada Sampang dan Pemilihan Gubernur Jatim yang berlangsung pada 27 Juni 2018. Ia juga meminta, peran aktif semua pihak untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut sesuai harapan, yakni aman, damai dan berlangsung secara demokratis.

“Ini perlu komitmen dari tokoh agama dan masyarakat untuk membantu menyampaikan pada saat tanggal 27 Juni datang ke TPS, perbedaan pilihan hal biasa tapi tidak membuat perpecahan kesatuan negara, satu suara menentukan daerahnya selama lima tahun kedepan,” ujarnya Kapolda Jatim, Sabtu (23/6/2018).

Sementara itu Kapolda Machfud Arifin datang ke Sampang, Madura, Jatim bersama dengan Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman memantau kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 di Kabupaten Sampang, Madura Jatim.

Sebelum ke Sampang, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya berkunjung ke Kabupaten Pamekasan, untuk memantau kesiapan pelaksanaan pilkada di wilayah Pamekasan tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin, S.H bahkan memantau secara langsung persiapan pendistribusian logistik pilkada di gudang tempat penyimpanan logistik KPU Pamekasan.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sampang, Kapolda Jatim meminta pentingnya aparat untuk memperketat kekuatan personil keamanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak karena tolak ukur kesuksesan pesta demokrasi lima tahunan itu tergantung dari tingkat keamanan, netralitas, maupun penyelenggara pemilu yang profesional. Selain itu partisipasi masyarakat dalam memilih yang perlu ditingkatkan minimal 80 persen.

Kapolda Mahfud Arifin, S.H berharap ada kekuatan masyarakat yang menghendaki perdamaian. Alasan itu disebabkan karena pesta demokrasi adalah pesta kegembiraan rakyat dalam memilih pemimpin nantinya.
Kapolda Jatim mengatakan, yang perlu diantisipasi pasca pencoblosan dan perhitungan suara di Sampang yakni beredarnya informasi yang tidak akurat soal kemenangan pasangan calon. Untuk itu, masyarakat harus menunggu hasil perhitungan langsung dari KPU setempat. Saya yakin dan percaya dengan kesungguhan semua pihak pelaksanaan Pilkada serentak pasti aman,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman juga menyampaikan, saat ini situasi dalam keamanan di wilayah Sampang menjelang pelaksanaan Pilkada serentak masih terjaga aman dan kondusif. Sebab, seluruh steakholder maupun pihak terkait terus bersinergi dan bekerjasama dalam menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres Sampang.

“Mudah-mudahan selama tahapan Pilkada serentak sampai selesai terpilih kepala daerah ini tetap aman dan kondusif,” ujar Kapolres Sampang Budhi Wardiman dihadapan Kapolda Jatim dan Pangdam V/ Brawijaya.

(ym/sw/hy)

Admin Polri55935 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password