Disela Cek Pos Pam Lebaran, Kapolda DIY Kunjungi Lokasi Wisata Baru di Jogja

IMG-20180618-WA0033

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, selain melakukan pengecekan Jalur selatan Yogyakarta dengan menggunakan Kendaraan roda 2, Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., berkunjung ke Obyek Wisata Watu Lumbung di daerah Kretek Bantul, Senin sore (18/6/2018).
Watu Lumbung sendiri berada diatas obyek wisata Parangtritis Bantul. Di obyek wisata yang dinamakan Kampung Edukasi Watu Lumbung tersebut, para pengunjung disuguhkan oleh hamparan pemandangan luas pantai parangtritis dari perbukitan Watu Lumbung.
Adalah bapak Boy Rifai, yang memprakarsai berdirinya Kampung edukasi Watu Lumbung ini. 3 tahun lalu, area yang digunakan ini adalah hutan belantara yang hanya memiliki jalan setapak. Tetapi semenjak dibangun dan dibuat olehnya, perlahan, lahan yang sebelumnya tandus kini sering dikunjungi anak muda dan seniman.
Menurut Budi Sarjono, salah seorang kerabat dekat Bapak Boy Rifai, di kampung edukasi Watu Lumbung ini, para pengunjung disuguhkan makanan pada zaman dulu. Misalnya, Sop sidat, sayurlodeh terong waluh dan wedang Serai.

Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., sangat mengapresiasi obyek wisata edukasi Watu Lumbung ini. Dirinya berharap dengan adanya Watu Lumbung ini kearifan Lokal tetap terjaga karena disitu terdapat beragam historisnya. Mulai dari makanan hingga barang-barang yang ada disitu.
“Bagus, disini indah (pemandangan dan suasananya) dan yang lebih istimewa lagi kearifan lokal justru yang ditonjolkan di kampung edukasi Watu lumbung ini. Ada kentongan dan barang-barang (bernilai historis) pokoknya ada petuah petuah yang saya kira kalau kemudian masyarakat datang ke sini dan kemudian nguri-uri kebudayaan Jawa. Dan kearifan lokal akan terjaga dan masyarakat akan merasakan manfaatnya,” kata Kapolda.
Di Obyek Wisata Kampung Edukasi Watu Lumbung tersebut, Kapolda DIY juga memberikan testimoni berupa tulisan yang ditulis di sebuah Televisi. Alasan historis ditulis ditelevisi karena, televisi bermakna memberikan informasi kepada khalayak luas.

 

Penulis timpRo Jogja

Editor R Dwi Chandra

Publish jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password