Ops Ketupat Progo 2018, Ditlantas Polda DIY bersama Pustral UGM Gelar Talkshow di RBTV

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Ditlantas Polda DIY menggelar Talkshow di RBTV bersama Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada, Senin 11 Juni 2018. Dipandu Tita dan Firman, Talkshow kali ini mengangkat tema Operasi Ketupat Progo 2018.

Hadir sebagai nara sumber Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda DIY AKBP Hj. Sulasmi, SH. dan Lilik Wachid Budi Susilo, ST., MT. (Bidang Penelitian Perencanaan Transportasi, Keselamatan Jalan) Pustral UGM.

Kasubdit Dikyasa Ditlantas AKBP Hj. Sulasmi, SH, menyampaikan Operasi Ketupat Progo 2018 adalah operasi kemanusian yang digelar untuk pengamanan arus mudik lebaran agar masyarakat aman dan selamat selama mudik lebaran ini.

Untuk wilayah Polda DIY sebanyak 35 Pos didirikan. Pos – pos tersebut meliputi Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, termasuk dua Pos Check Point. Dua Pos Check Point tersebut di Tempel Sleman dan di Temon Kulonprogo.

“Tugas Pos Check Point memberikan teguran kepada masyarakat pengendara jalan yang melanggar aturan berkendara, terutama roda dua, kemudian pada kendaraan tersebut disematkan janur kuning sebagai penanda,” jelas Kasubdit Dikyasa.

Selain itu, Kasubdit Dikyasa menyampaikan pesan kepada masyarakat yang ingin mudik agar persiapkan kendaraanya, jaga kesehatan pahami rute dan jangan banyak membawa barang bawaan.

Sedangkan Lilik Wahid Budi Susilo, ST., MT. menyampaikan fenomena lebaran tiap tahun itu ada dan mengakibatkan lonjakan transpotasi atau yang biasa disebut dengan mudik dan menyebabkan resiko terjadinya kecelakaan. Mudik merupakan perjalanan jauh dan sebelumnya kita harus membuat perencanaan perjalanan agar selamat sampai tujuan.

“Diawali dengan berdoa, pastikan kondisi kendaran laik jalan, kita harus bisa jaga jarak bilamana yang didepan berhenti kita punya jarak untuk berhenti juga.” tutur Lilik Wahid.

Menurutnya, jangan ragu untuk mengambil istirahat.

“Karena bila sudah letih atau ngantuk obatnya ya istirahat,” ujar Lilik Wahid Budi Susilo, ST., MT.

penulis : timpRo Jogja
editor : R Dwi Chandra
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password