Narkoba di Kalsel : Selesai Pesta Sabu, Remaja Desa Mahang Putat Ditangkap Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Hulu Sungai Tengah, Masalah penyalahgunaan narkoba bukan merupakan permasalahan yang dibebankan pada aparat penegak hukum saja, dalam hal ini Polri tetapi upaya pemberantasannya tanpa didukung dan dibantu oleh masyarakat yang anti penyalahgunaan Narkoba Polri belum tentu berhasil.

Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. meminta masyarakat agar ikut memerangi narkoba dan mencegah peredaran narkoba khususnya di kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), apalagi pada suci Ramadhan 1439 H ini.

Dalam rangka menindak lanjuti dari kasus peredaran dan penggunaan Narkoba tersebut, Unit Resmon Polres HST melaksanakan giat penangkapan terhadap pelaku tindak pidana narkoba, Selasa (12/6/2018) sekitar jam 03.00 Wita.

Pelaku yang berhasil ditangkap berjumlah dua orang yang masing – masing berinisial WY (18) dan AK (22) yang keduanya merupakan warga Jalan Desa Mahang Putat Kec. Pandawan Kab. Hulu Sungai Tengah. Remaja tersebut ditangkap petugas setelah selesai pesta sabu – sabu dibelakang kantor pembekal.

“Ini merupakan salah satu upaya Polres HST dalam memberantas peredaran narkoba di HST, kemarin Unit Resmob melakukan giat penangkapan terhadap dua orang remaja yang selesai pesta sabu – sabu” ujar alumni Akpol 1999 itu.

2f6d008b-05b2-4bb5-8200-cbacf951c204

Penangkapan pelaku berawal dari anggota Unit Resmob yang mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di Desa Mahang Putat ada sekelompok remaja yang sedang pesta sabu – sabu. Tidak menyia – nyiakan informasi tersebut, petugas dari Unit Resmob segera melakukan penyelidikan didaerah tersebut.

“Penangkapan terhadap pelaku merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat tentang pelaku tindak pidana narkoba yang terjadi di daerah Pandawan.” jelas Sabana Atmojo.

Dari hasil penyelidikan, petugas melihat 3 (tiga) orang remaja yang gerak geriknya mencurigakan sedang keluar dari belakang kantor pembekal. Petugas pun segera mendatangi ketiga remaja tersebut untuk dilakukan pemeriksaan. Namun salah satu dari ketiga remaja tersebut langsung melarikan diri dan petugas hanya berhasil menangkap 2 (dua) orang.

2f6d008b-05b2-4bb5-8200-cbacf951c203

Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan badan terhadap pelaku dan penyisiran disekitar daerah tersebut untuk mencari barang bukti. Tidak lama kemudian, petugas berhasil menemukan barang bukti berupa 1 (satu) buah kantong plastik kresek warna yang didalamnya berisi 1 (satu) buah bong dan 1 (satu) buah pipet kaca yang masih ada sisa sabunya.

“Barang bukti yang ditemukan oleh petugas berupa seperangkat alat hisap sabu yang masih ada sisa sabunya” kata Sabana Atmojo.

Barang bukti tersebut sebelumnya dibuang oleh pelaku setelah selesai digunakan untuk menyabu. Selanjutnya kedua tersangka dan Barang bukti dibawa ke Polres Hulu Sungai Tengah guna penyidikan lebih lanjut.

“Pelaku dapat dijerat dengan pasal 112 Sub 132 Sub 127 huruf (a) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan penjara paling lama empat tahun” jelas Sabana Atmojo.

Penulis    : Muhammad Husaini
Editor      : Raden Dwi Chandra Narisa
Publish    : Guntur Wahyudi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password