Menjelang Lebaran, Puncak Arus Mudik Di Banten Sampai Saat Ini Belum Terjadi

Tribratanews.polri.go.id – Cilegon. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto mengunjungi Pelabuhan dan Terminal Merak, Banten. Bersama 3 (tiga) Menteri, Kapolri menyampaikan akan mengantisipasi lonjakan arus mudik dari H-3 samapi H-1 Idul Fitri 1439 H/2018 M. Senin (11/06/18).

Seperti yang dikatakan Kapolri bahwa dari pantaun udara pagi tadi kepadatan arus mudik di jalan Tol menuju Terminal dan Pelabuhan Merak sampai pagi tadi relatif lancar. Hal serupa belum terlihat antrian serta penumpukan di sekitar Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

‘’Puncak arus mudik melalui jalur Selat Sunda Merak – Bakauheni ini belum terjadi,’’ terang Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat menggelar konferensi pers usai penyampaian materi di Posko Terpadu Pengamanan Mudik, Terminal Terpadu Merak (TTM), Cilegon, Banten.

Namun, Kapolri akan tetap mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi jika terjadi lonjakan pemudik di H-3 sampai H-1 Idul Fitri 1439 H.

Dikesempatan lainnya, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo memaparkan kesiapan serta pola pengamanan arus mudik di wilayah hukum Polda Banten. Kapolri menyampaikan H-4 dan H-3 akan dijadikan priorotas utama yang memungkinkan menjadi puncak arus mudik.

‘’Yang menjadi prioritas adalah jalur yang mengarah ke Merak, terutama H-4 dan H-3 diperkirakan sebagai puncak arus mudik. Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Khusus R2 akan kita arahkan masuk ke dermaga enam supaya tidak berpapasan antara R2 (motor) dan R4 (mobil),ucap Kapolda’’

Untuk pelayanan itu sendiri, Kapolda mengungkapkan untuk sepanjang jalur yang akan dilalui pemudik telah mendirikan pos-pos pengamanan serta pos pelayanan jika para pemudik baik yang menggunakan R2 maupun R4 hendak beristirahat dan mengecek kondisi kendaraannya.

‘’Pelayanan terhadap pengemudi yang akan mudik, untuk terminal dan pelabuhan serta sepanjang jalur yang diprediksi akan dilalui pemudik telah dilaksanakan pengamanan. Mulai dari rekayasa lalu lintas hingga pos pelayanan bagi pemudik yang kelelahan di jalan,’’ ungkap Kapolda Banten.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password