Kunjungi Pelabuhan Merak, Kapolri Sebut Tiga Persoalan Arus Mudik Yang Terjadi

Tribratanews.polri.go.id. BANTEN. Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., serta Menteri Kesehatan Nina Moeloek, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, melaksanakan pengecekan arus mudik lebaran 2018 di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6/18).

Menurut pantauan yang dilakukan khususnya melalui pantauan udara, Kapolri mengungkapkan ada tiga permasalahan arus mudik di Pelabuhan Merak antara lain, penumpukan pada saat pengangkutan penumpang, antrean masuk menuju terminal yang cukup panjang, dan terakhir jika terjadi penumpukan yang semakin panjang, akan berimbas kepada penumpukan antrean sampai keluar jalur tol dan akan mengganggu aktivitas yang lainnya.

Dalam kunjungannya, Kapolri juga menyampaikan bahwa situasi arus mudik tahun ini mengalami perubahan yang cukup baik. Dengan tidak terjadinya penumpukan serta kemacetan yang berarti. “Kalau kita kemarin ke Jawa Timur, mudik jalur darat, kita lihat puncaknya itu ada di Jumat, Sabtu dan Minggu. Hari ini masih ada, tapi relatif sudah sedikit berkurang. Sehingga diperkirakan hingga mendekati libur lebaran, jumlah arus mudik itu terus menurun,” jelas Kapolri.

Selain itu, Panglima TNI juga menyampaikan himbauannya kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan mudik. “Saya ingatkan agar para pemudik tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri, baik berangkat pulang kampung maupun setelah liburan dari kampung halaman,” katanya.

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password