Inilah Pesan Kapolri Bagi Masyarakat Untuk Mudik Lebaran 2018

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M Tito Karnavian Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2018 dalam rangka pengamanan Hari Raya Lebaran 1439 H di Lapangan Monas, Rabu (6/6/18).

Selain mengecek kesiapan baik personel maupun peralatan, Kapolri juga menyampaikan beberapa hal, salah satunya adalah pesan-pesan kepada seluruh masyarakat khususnya yang melaksanakan mudik. Kapolri menghimbau agar seluruh masyarakat selalu menyiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan mudik bisa berjalan aman, nyaman, dan lancar.

Beberapa himbauan Kapolri kepada masyarakat antara lain adalah selalu mengecek kendaraan yang akan digunakan saat mudik, menjaga kesehatan, serta membawa berbagai kebutuhan pribadi lainnya.

Kapolri juga menyampaikan perkiraan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 8 sampai 10 Juni sehingga Kapolri menghimbau agar tidak berangkat mudik secara bersamaan. “Pesan kepada masyarakat kalau bisa melihat situasi. Lihat media dan aplikasi. Kalau terjadi kemacetan lebih baik ditunda dan berangkat pada tanggal 10-12 Juni,” jelas Kapolri.

Selain itu, Kapolri juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar meninggalkan rumah dalam keadaan aman baik dalam segi pengamanannya ataupun bisa dengan cara dititipkan kepada orang-orang terdekat yang tidak melaksanakan mudik. Oleh sebab itu, Kapolri mengistruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melaksanakan patroli. “Saya sudah menyampaikan ke Pak Gubernur untuk bekerja sama dengan RT RW bekerja sama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibas untuk menjaga dan memperkuat patroli dan menerima titipan masyarakat kalau rumahnya kosong,” jelas Kapolri.

Himbauan untuk tidak menggunakan sepeda motor dalam pelaksanaan mudik nanti juga diungkapkan oleh Kapolri. “Kami mendorong arus mudik agar masyarakat tidak menggunakan roda dua. Karena roda dua lebih rawan angka kecelakaan,” ungkap Kapolri. Hal ini diungkapkan karena memang pada tahun lalu setidaknya angka kecelakaan roda dua kurang lebih sebanyak 71% dengan presentase korban rata-rata adalah usia produktif.

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password