Jelang Pilkada, Polda Jateng Gelar Latihan Pengamanan TPS dan Kotak Suara

Tribratanews.polri.go.id – Semarang. Polda Jateng menggelar pelatihan pengamanan TPS dan kotak suara selama 2 hari, bertempat di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Senin (4/6/18). Pelatihan dibuka oleh Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum didampingi Karoops Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto yang dihadiri Ketua KPU Drs. Joko Purnomo, para Pejabat Utama Polda Jateng dan SPN Polda Jateng serta para Kasat Sabhara Jajaran Polda Jateng.

Dalam pelatihan ini diikuti oleh 250 peserta dari satker Polda Jateng maupun SPN Polda Jateng. Pelatihan ini bertema “Melalui Latihan Pengamanan TPS Dan Kotak Suara, Kita Tingkatkan Profesionalisme Personel Polri untuk Menciptakan Situasi Kamtibmas yang Kondusif Dalam Rangka Menyukseskan Pemilukada Serentak Di Jawa Tengah Tahun 2018”.

WhatsApp Image 2018-06-04 at 15.08.43

Dalam sambutan, Kapolda menyampaikan bahwa saat ini masih dalam tahap kampanye yang akan berlangsung sampai tanggal 23 Juni 2018 dan sampai saat ini situasi kamtibmas di Jawa Tengah kondusif.

“Saya minta di Polres ada apel serpas (pergeseran pasukan) dibagi per Kecamatan maupun Polsek masing-masing. Polri harus netral, kita berikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Untuk itu rekan-rekan yang pengamanan harus waspada dan betul-betul melihat dalam pemungutan suara nanti,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa jumlah TPS seluruhnya di Jawa Tengah berjumlah 63.993 TPS. Kapolda Jateng meminta setiap desa ada alat komunikasi (alkom) dan membuat group WA (What Apps) di setiap desa karena menurutnya ini adalah salah satu CB taktis untuk memonitor anggota. “Saya minta anggota nanti berkomunikasi betul-betul dengan Linmas dan petugas yang ada di TPS nanti,” tegas Kapolda Jateng.

Pelaksanaan pencoblosan dimulai pukul 07.00 sampai dengan jam 12.00 WIB yang sudah terdaftar, sedangkan yang belum terdaftar bisa melaksanakan pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB. Kemudian penghitungan mulai pukul 13.00 WIB.

Kemudian Ketua KPU Drs. Joko Purnomo menjelaskan runtut pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jateng 2018 nantinya.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password