Perayaan Waisak di Halong Balangan Kondusif

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Upacara sakral detik detik perayaan Waisak ke 2562 BE yang dilakukan umat Budha di Wihara Dhamaratana Desa Kapul, Halong, Balangan berlangsung kondusif, Selasa (29/5).

Upacara keagamaan yang di pimpin Romo Hensi kali ini mengambil tema “BERUCAP, BERTINDAK, BERPIKIR BENAR MEMPERKOKOH KEUTUHAN BANGSA” yang disampaikan kepada seluruh umat Hindu yang hadir malam ini.

Sebelum pelaksanaan acara puncak Perayaan Waisak kali ini ada beberapa ritual yang dilakukan yaitu Pradaksina Baca Paritta Vesakha Puja Data (Perita Khusus Pada Saat Menjelang Detik Detik Waisak), Pradaksina Mengelilingi Vihara tujuan adalah sebagai bentuk penghormatan kepada Tiratana (Buddha Dhama dan Sangha)

Memasuki acara puncak yaitu Pembacaan Perita Sekaligus Meditasi Menjelang Detik Detik Waisak yang dihadiri jemaat sebanyak 350 orang berlangsung hikmat.

Saat ditemui petugas, Romo Hensi mengungkapkan bahwa Pradaksina yang dilakukan dengan tulus dan penuh kesadaran batin secara berulang dalam kurun waktu tertentu banyak membawa manfaat.

“Banyak manfaat yang didapat dari prosesi ini, diantaranya yaitu Akan dihormati oleh para makhluk-makhluk di alam gaib, terhindar dari keadaan yang tidak menguntungkan, Mempunyai batin waskita, penuh kewaspadaan, daya pemahaman yang jelas, cerdas, penuh kekuatan dan keteguhan iman, ” terangnya.

Kegitan berakhir hingga 23.00 wita dan selama pelaksanaan berlangsung berjalan aman dan kondusif.

Kapolsek Halong AKP Toto Herryanto yang yang memimpin pengamanan perayaan Waisak mewakili Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S,iK mengungkapkan pengamanan kegiatan dilakukan semaksimal mungkin.

“Seluruh Polsek Halong dibantu dengan TNI secara maksimal memberikan pengamanan kegiatan, dari rangkaian kegiatan yang dilakukan hingga tuntas berjalan lancar kondusif,” paparnya saat dikonfirmasi Humas Polres Balangan.

Penulis : Lois Adi
Editor   : Ndan Dwi
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password