Bareskrim Polri Ungkap Penyelundupan 300 Ton Bawang Putih dari China

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri melaksanakan konferensi pers dalam keberhasilannya mengungkap Kasus Penyelundupan Bawang Putih dari China sebanyak 300 ton. Press Conference dilaksanakan oleh Wakil Direktur (Wadir) Tipideksus Bareskrim Polri, Kombes Pol. Danil Tahi Monang Silitonga dan Analis Kebijakan Madya Divisi Humas Polri, Slamet Pribadi, SH, MH., di Gedung Mina Bahari, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/18).

Barang bukti yang diamakan merupakan bawang putih impor China yang tercamput dengan bibit bawang putih pembawa penyakit tidak layak konsumsi. Bawang putih impor tersebut ditemukan pada sebuah gudang di Surabaya.

925640d1-0cce-4ee9-88fa-83104c3a6243

Wakil Direktur (Wadir) Tipideksus Bareskrim Polri, Kombes Pol. Danil Tahi Monang Silitonga menjelaskan, bahwa ada dua permasalahan terkait pengungkapan kasus bawah putih impor tersebut, yaitu penipudan dan penjualan makanan dengan kadungan bahan berbahaya.

PT PTI yang mendapat jatah impor sebanyak 30 ton bawang putih dari Kementerian Perdagangan melakukan impor gelap dengan menggandeng beberapa perusahaan seperti PT CGM, PT MFT, dan ASJ. “Terdapat keterangan atau penyesatan tidak benar pada label yang seharusnya PT PTI sebagai inportir resmi ternyata PT CGM sehingga masyarakat tertipu. Dari 300 ton, 7 ton mengadung bibit tidak layak konsumsi karena diperuntukan untuk tanaman,” jelas Wadir Tipideksus Bareskrim Polri.

Bareskrim Polri langsung mengamankan empat tersangka diantaranya, TKS selaku Direktur PT TSR, MYI selaku Direktur Operasional PT PTI, TDG selaku PT CGM dan PN orang yang berperan selaku pengendalian dan pembiayaan. Keempatnya dijerat dengan Pasal 144 Jo Pasal 147 UU No 18 tahun 2012 tentang Pangan, Pasal 62 Jo Pasal 8 ayat (1) UU Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 3 UU No 8 tahun 2010 tentang TPPU Jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman kurungan pidana empat tahun kurungan.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password