Puluhan personil Polres Klungkung Amankan Perayaan Hari Trisuci waisak

Tribratanews.polri.go.id – Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Klugnkung dalam melaksanakan ibadah, Puluhan personil Polres Klungkung bersama-sama dengan Polasek jajaran mengamankan jalannya perayaan hari Trisuci Waisak 2562 tahun 2018, bertempat di Vihara Dharma Ratna Klungkung, Selasa, 29/5/2018.

Kapolres Klungkung AKBP. Bambang Tertianto, SiK. CFE. mengatakan, dalam rangka melaksanakan kegiatan pengamanan ini, pihaknya meklibatkan puluhan pertsonil Polres Klungkung bersama-sama dengan Polsek jajaran.

Dikatakan juga, dalam pengamanan ini yang perlu diantisipasi adalah gangguan kamtibmas, seperti terorisme dan kejahatan lainnya. Tugas kita adalah untuk memastikan kegiatan ini bisa berlangsung dengan aman, nyaman dan lancar, tidak ada gangguan kamtibmas serta ancaman terorisme.

Puncak Acara dari perayaan hari Trisuci Waisak ini akan dilaksanakan pkl 22.19 WITA. Yang didahului dengan acara pelepasan burung serta dilakukan Puja Bakti sebagai rangkaian menyambut detik-detik Waisak .

Untuk pagi ini diisi dengan Acara Pindapatta yaitu Acara berdana makanan atau mempersembahkan makanan kepada Banthe/Biksu yang bertujuan untuk mengingat jejak-jejak Sang Budha, acara ini dipimpin oleh Banthe Ciradammo.

Prosesi Pindapatta dimulai dengan persembahyangan yang diikuti para Biksu bersama-sama dengan umat di Vihara Dharma Ratna Klungkung.

Dalam tradisi Pindapatta ini, Para Biksu berjalan kaki dengan kepala tertunduk membawa Patta / Patra ( mangkok makanan ) menerima / memperoleh derma dari umat guna menunjang kehidupannya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password