Ciptakan Stabilitas Keamanan Nasional yang Kondusif, Polda DIY Gelar Musrenbang

musrenbang

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Kepolisian Daerah DIY menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) tahun 2018 di Gedung Serbaguna Mapolda DIY, senin (28/5/2018). Acara yang diinisiasi oleh Biro Rena (Perencanaan dan Anggaran) Polda DIY ini dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda DIY, Para Wakil Direktur, Kasubbag Renmin, Kabag Ren dan Kasubbag Sarpras (Sarana dan Prasarana) Polres/ta se Jajaran Polda DIY.

Menurut Karo Rena Polda DIY Kombes Pol. Raden Zulpahri, S.H., Polri sendiri pada Tahun anggaran 2019 yang akan datang mendapatkan Pagu Anggaran dari Pemerintah sebesar Rp. 76.902.092.983.000,-. Pagu Indikatif tersebut akan dibagi ke 60 Satker Mabes Polri dan 34 Polda se Indonesia.

“Pagu adalah Plafon anggaran sebagai batas atas/tertinggi atau nominal maksimal yang harus dipatuhi. Pada proses penyusunan RKA (rencana Kerja anggaran) Satker, Biro Rena Polda sendiri bertugas membagi anggaran ke satker/subsatker se Jajaran sesuai dengan Pagu yang diterima dari Srena Polri,” katanya.

Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pada hasil evaluasi AKIP (Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah) pada tahun 2017 oleh Kemenpan RB, Polda DIY mendapat nilai 72,11 atau predikat BB. Naik dari tahun lalu sebesar 1,21.

“Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Sementara itu, pada apel Kasatwil 2016 lalu, saya menerima penghargaan hasil Quick Wins yaitu Polda DIY menempati urutan ke-2. Sedangkan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) th 2017 kita memperoleh Ranking 1,” ujar Kapolda disambut tepuk tangan yang meriah.

Selain itu, menurut Kapolda Penilaian Ombudsman RI pada 2017 lalu, penilaian pelayanan SIM dan SKCK pada Polres Kulonprogo juga mendapat ranking 1. Sedangkan penilaian Indeks Tata kelola oleh kemitraan terhadap Polres Gunungkidul juga mendapat peringkat 1. Adapun terhadap pelayanan publik, Ombudsman RI memberi Kategori “sangat baik” kepada Polres Bantul.

“Keberhasilan tersebut merupakan wujud semangat kita yang tiada henti dalam pengelolaan tata kelola birokrasi Kepolisian maupun pelayanan publik yang lebih profesional, transparan dan akuntabel yang salah satunya dilakukan melalui pengukuran Indeks Tata Kelola secara berkelanjutan,” terang Kapolda DIY.

Dalam Musrenbang yang bertemakan “Reformasi Birokrasi Polri Untuk Stabilitas Keamanan Nasional dan Suksesnya Pemilu di Polda DIY” itu setelah dibuka oleh Kapolda DIY dilanjutkan diskusi yang terbagi dalam berbagai kelompok sesuai dengan bidang tugasnya masing masing.

Penulis : Dheny
Editor : R Dwi Chandra
Publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password