Polda Jawa Timur Tangani Kasus Sipoa Group

Tribratanews.polri.go.id – Jawa Timur. Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) sedang mengembangkan kasus dugaaan penipuan yang dilakukan Sipoa Group. Sebanyak 1.104 konsumen merasa dirugikan atas pembelian apartemen yang dijual Sipoa Group di Surabaya dan Sidoarjo.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes. Pol. Frans Barung Mangera, S.I.K. menyampaikan bahwa Sipoa Group menjanjikan ke konsumen akan dilaksanakan serah terima apartemen pada Juni-Desember 2017. “Kenyataannya, manajemen Sipoa Group tidak bisa merealisasikan janji memberikan apartemen ke konsumen pada Juni-Desember 2017. Akibatnya 1.104 konsumen resah dan protes. Manajemen Sipoa Grup pernah mengumpulkan konsumen pada November 2017, tapi tak ada kesepakatan. Realisasi tak ada,” ungkap Kabid Humas.

Sehingga 71 konsumen yang tergabung paguyuban pembeli melapor ke Polda Jatim didampingi oleh Unit Konsultasi dan Bantuan Hukum (UKBH) Universitas Airlangga. Berdasarkan laporan tersebut, Sub Direktorat Harta Benda Bangunan Tanah (Subdit Hardabangta) Ditreskrimum Polda Jatim melakukan penyelidikan.

Kasus ini terus dilakukan penyidikan hingga tuntas dengan terdapat 15 laporan polisi yang masuk ke Polda Jatim. Para korban diketahui sebagai pembeli unit apartemen Royal Afatar World (RAW) dan apartemen Royal Mutiara Residence (RMR) dengan pengembang yaitu PT Sipoa Legacy Land atau yang dikenal dengan Sipoa Group.

“Kami menemukan fakta lapangan, ternyata tak ada bangunan apartemen yang digarap Sipoa Group. Adanya hanya tiang pancang dan tembok di lokasi yang diakui akan di bangun apartemen,” tutup Kabid Humas.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password