Polda DIY bersama Pemda DIY, Bulog, dan BPOM Sepakat Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Bahan Pangan di Bulan Ramadhan dan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439H

satgas pangan

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Bertempat di Restoran Taman Pringsewu Jl. Magelang, Sendangadi, Mlati, Sleman, Polda DIY bersama Pemda DIY, Bulog, dan BPOM melaksanakan kesepakatan tentang Stabilitas Pasokan dan Harga Bahan Pangan pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439H di Provinsi D.I. Yogyakarta, Selasa (22/5/2018).
.
Kesepakatan ini merupakan bentuk sinergi dan kerjasama antar pemangku kepentingan untuk memastikan terpenuhinya pasokan bahan pangan, tidak terjadinya lonjakan harga pangan serta penimbunan oleh oknum – oknum di pasaran.
.
Dari Polda DIY hadir Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Drs. Gatot Agus Budi Utomo dan Wadir Intelkam AKBP Suswanto, S.I.K., M.Si. Dari Pemda DIY hadir Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan. Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. Hadir pula Kepala Divre Bulog DIY Miftahul Adha, dan Kepala Balai Besar POM DIY Dra. Sandra M.P Linthin, Apt, M.Kes.
.
Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Drs. Gatot Agus Budi Utomo menyampaikan, bahwa sebagai penegak hukum, Polda DIY siap untuk melakukan penindakan hukum jika ditemukan adanya indikasi tindak pidana yang menyebabkan terjadinya kelangkaan bahan pangan. Baik dari distribusi maupun ketersediaannya di pasaran. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kepala BB POM DIY, bahwa peredaran makanan dan bahan pangan kadaluwarsa menjadi fokus dari BB POM DIY.
.
Sedangkan dari Kepala Bulog menyampaikan bahwa harga bahan pangan sampai saat ini masih stabil. Tercatat hanya daging ayam yang sedikit tinggi. Sementara untuk beras, bulan April kemarin telah mendistribusikan 2 ton untuk wilayah DIY.
.
Kepala BKPP Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagi upaya untuk menjaga stabilitas bahan pangan. Salah satunya dengan melakukan pemotongan rantai distribusi dari produsen ke konsumen. Secara keseluruhan, tidak ada kelangkaan, tetapi untuk kebutuhan menjelang Idul Fitri dipastikan akan naik dan telah dilakukan koordinasi untuk stabilisasi.
.
Sedangkan Wadir Intelkam AKBP Suswanto, S.IK., M.Si. menyampaikan perlunya memberikan jaminan kenyamanan kepada masyarakat terkait ketersediaan bahan pangan di pasaran.
.
“Kesepakatan pangan ini supaya dapat memberi dampak pada masyarakat di Yogyakarta,” tegas Wadir Intelkam Polda DIY.
.
Acara dilanjutkan dengan Buka Bersama.

penulis : Jay
editor : R Dwi Chandra
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password