Status Gunung Merapi Meningkat Menjadi Waspada, Kapolda DIY Tinjau Situasi Terkini Pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang Sleman

IMG-20180522-WA0028

Tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Merespon perubahan status aktifitas Gunung Merapi, dari Normal ke Waspada, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. berkunjung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang, Selasa 22/05/218. Didampingi Kapolres Sleman AKBP Muhammad FIrman Lukmanul Hakim, SH., S.IK., M.Si., Kapolda mendapatkan penjelasan langsung dari Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Sunarto.
.
Menurut Sunarto, dengan peralatan yang ada saat ini maka dapat menginformasikan kepada masyarakat mengenai perkembangan terkini aktifitas Gunung Merapi. .
Kapolda DIY mengapresiasi kinerja Pos Pengamatan Gunung Merapi ini. Menurutnya, peralatan yang canggih dan semua data yang terkumpul dapat diijadikan dasar untuk pengambilan keputusan.
.
“Alat-alat di sini sudah canggih. Petugas juga sampai tidak tidur demi memberikan informasi terkini mengenai Merapi,” ungkap Kapolda.
.
Kapolda juga menerima penjelasan terkait jalur – jalur evakuasi yang disiapkan untuk antisipasi perkembangan aktifitas Gunung Merapi.
.
Menurut Sunarto, status waspada bukan kategori status yang kritis, status ini ditentukan hanya karena ada peningkatan aktivitas sebuah gunung api dari satu atau beberapa parameter yang lain.
.
Kapolda DIY berpesan kepada masyarakat, untuk tidak panik dengan peningkatan status waspada.
.
“Kita tunggu info resmi terupdate dari BPPTKG terkait situasi Gunung Merapi,” pesannya
.
Terkait evakuasi, Kapolda menekankan pentingnya mengikuti arahan dari petugas.
.
“Jalur-jalur evakuasi sudah banyak dan aman, jadi tinggal ikuti saja arahan petugas,” tegasnya. Selain itu, ia juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap berbagai informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Ia pun meminta agar warga mencari informasi tentang perkembangan Merapi dari instansi resmi seperti BPPTKG.
.
“Percayakan informasi dari petugas resmi. Sebab info yang diberikan lebih akurat,” jelas Kapolda.

 

Penulis : Tripras

Editor : R Dwi Chandra

  • Publish : Jay

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password