Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme, Direktorat Binmas Polda DIY Gelar Rakor Kepolisian Khusus

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda DIY menggelar Rapat Koordinasi Polsus dalam rangka peningkatan kompetensi dan profesionalisme petugas Kepolisian Khusus di Aula Gedung Timur Mapolda DIY, selasa (15/5/2018).

Dalam Rakor Polsus tersebut peserta dihadiri antara lain dari Perwakilan Kanwil Kemenkumham, BKSDA DIY, PT KAI, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Taman Nasional Gunung Merapi, Satpol PP Provinsi DIY, dan Satpol PP Kabupaten/kota se DIY.

Rakor Polsus ini selain untuk menjalin integritas antar Instansi, juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personal khusus dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan kewenangan masing-masing Instansi.

Wakil Direktur Binmas Polda DIY AKBP Mujiyono dalam sambutannya sekaligus membuka Rakor Polsus mengatakan bahwa sesuai dengan pasal 30 ayat 4 UUD 1945 amandemen ke 4 menyatakan bahwa Polri sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum.

“Dan Sesuai dengan UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia fungsi Polri adalah sebagai alat negara dibidang harkamtibmas, penegakan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang secara profesional diselenggarakan oleh Polri,” terangnya.

Menurut Wadir Binmas, Tugas Polri sendiri dibantu oleh kepolisian khusus, penyidik Pegawai Negeri Sipil dan bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa lainnya yang berdasarkan hubungan emosional saling menghormati, saling membantu dan mengutamakan kepentingan umum. Serta memperhatikan hierarki Sesuai dengan pasal 42 undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Polri.

“Rakor Polsus ini diselenggarakan untuk membangun sinergitas untuk kepentingan umum dan ketentraman masyarakat. Tugas pokok polsus sebenarnya tidak mudah terutama yang bersifat represif non yustisiil. Yang merupakan bentuk salah satu tugas kepolisian terbatas yang memberikan sanksi hukum kepada pelanggar peraturan undang undang tertentu yang menjadi dasar hukumnya,” ujarnya.

penulis : Dheny
Editor : R Dwi Chandra
Publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password