Tripatra, Tiga Kekuatan Pamungkas Penjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Menjelang Pilkada 2018

77240be3-f674-4099-ae27-aaf866191460

tribratanews.polri.go.id – PoldaDIY, ratusan Personil TNI – Polri melaksanakan simulasi penanganan tindak pidana dan pemeliharaan keamanan serta ketertiban masyarakat menjelang Pilkada 2018 di Lapangan Udara (Lanud) Adisutjipto, Jumat 11/05/2018.

Operasi Gabungan yang disebut Tripatra ini merupakan wujud kerjasama dan sinenrgi kekuatan TNI-Polri dalam menghadapi tugas dan tanggungjawab kepada masyarakat untuk mewujudkan keamanan di wilayah Yogyakarta. Tripatra merupakan gabungan tiga kekuatan pamungkas penegak keamanan dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 yang terdiri dari fungsi Sabhara, Brimob dan TNI.

Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., menyampaikan rasa terimakasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini sehingga sinergitas TNI Polri yang digelar di lapangan dapat diimplementasikan dalam keseharian sehingga dapat menjaga Yogyakarta.

“Keterlibatan TNI dalam membantu kepolisian dalam pemangamanan tertuang dalam nota kesepahaman TNI-Polri yang ditandatangani Kapolri dan Panglima TNI, yang bersedia memberikan bantuan personel kepada kepolisian untuk pengamanan unjuk rasa, kerusuhan massa, dan konflik sosial,” ucap Kapolda DIY saat memberikan sambutan.

Menurutnya pegelaran pasukan bukanlah untuk menakut nakuti masyarakat, namun menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita siap menjaga kondusifitas situasi keamanan dengan pedoman sesuai prinsip-prinsip yang telah diatur.

“Mudah-mudahan dengan ini menunjukkan kesiapan kita bukan untuk menakut-nakuti tetapi situasi terjadi kita sudah siap,” tutup Kapolda DIY.

Selain itu Danrem Brigjen TNI Muhammad Zamroni juga menjelaskan pihaknya telah siap untuk menghadapi perkembangan situasi, kesiapan TNI Polri memberikan kesejukan untuk masyarakat Yogyakarta.

“Tunjukkan itu jangan ragu-ragu diminta atau tidak diminta TNI siap membantu Polri lanjutkan kekompakan TNI Polri, Semua anggota penuh semangat,” ujarnya.

Usai apel Tripatra dilanjutkan patroli bersama TNI-POLRI menggunakan sepeda motor dan sesi foto bersama TNI – Polri.

penulis : Agung MP
editor : R Dwi Chandra
publish : Jay

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password