Narkoba di Way Kanan Lampung : Satnarkoba Polres Way Kanan Amankan Dua Terduga Pengedar Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Polres Way Kanan berhasil mengamankan dua pelaku yang diduga pengedar narkoba jenis sabu. Dengan pelaku berinisial ROS (35) warga Kampung Sawah Kecamatan Martapura Kabupaten Oku Timur Propinsi Sumatra Selatan dan CIS (38), yang merupakan warga Kampung Tanjung Raja Sakti Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Rabu (09/05/18).

Kepala Kepolisian Resor Way Kanan AKBP Doni Wahyudi, melalui Kasat Narkoba Iptu Nelson Siahaan, mengatakan bahwa satnarkoba  Polres Way Kanan dalam upaya pemberantasan pengedaran narkotika,  yang merupakan kejahatan yang terorganisasi, rahasia, serta dalam pelaksanaannya menggunakan modus operandi dan teknologi yang tergolong canggih sehingga sulit dalam mengumpulkan barang buktinya .

Akan tetapi, akan menjadi berbeda bila tidak ada peran serta masyarakat yang turut membantu memberikan informasi dalam pengungkapan jaringan kejahatan Narkotika, seperti yang terjadi pada Selasa (08/05/2018) sekitar pukul 11.00 anggota Sat Narkoba mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di rumah Sdri. CIS di Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu sering terjadi peredaran dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu yang sudah merajalela dan sangat meresahkan.

WhatsApp Image 2018-05-08 at 18.47.11 (2)

Pembelian terselubung (Undercover Buy) pun dilakukan oleh petugas dengan memesan narkotika jenis sabu dari seorang wanita inisial ROS yang ada di rumah tersebut, pada saat berada di rumah,  petugas yang melakukan penyamaran bertemu dengan ROS, ketika akan menyerahkan narkotika jenis sabu kemudian lansung diamankan oleh anggota satnarkoba, pada saat dilakukan penggeledahan dari dalam gengaman tangan ROS ditemukan satu bungkus plastik kecil yang diduga narkotika jenis sabu seberat 0.35 gram.

Sementara itu, dari hasil keterangan pelaku ROS,  barang tersebut didapat dari pelaku lain sehingga pada pukul  11.30 Wib, anggota Satnarkoba di back up oleh Satsabhara dan Sie propam Polres Way Kanan dengan melakukan penggeledahan rumah atau tempat tertutup lainnya di rumah milik sdri. CIS.

WhatsApp Image 2018-05-08 at 14.11.39

Ternyata dari dalam rumah ada seorang wanita yang ketika diamankan mengaku berinisial CIS (38) hendak membuang bungkusan plastik ke dalam gudang berisikan satu bungkus plastik kecil diduga narkotika jenis sabu.

Hasil penggeledahan secara intensif didalam rumah sdri. CIS ditemukan dua perangkat alat hisap narkotika jenis sabu (bong) dan barang atau benda lain yang ada hubungannya dengan tindak pidana narkotika  dengan total Narkotika jenis sabu yang disita 1,9 gram.  Selanjutnya pelaku  beserta barang bukti dibawa ke polres way kanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kini dua pelaku  dapat dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat lima tahun paling lama 20 tahun, ungkapnya.

Penulis  : Adi Pranoto / Polres Way Kanan

Editor    : Raden Dwi Chandra Narisa

Publish : Oto adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password