Polda Sulut OTT Oknum PNS Kantor Syahbandar dan Otoritas Bitung

tribratanews.polri.go.id – SULAWESI UTARA. Polda Sulawesi Utara melalui Satuan Reskrim Polres Bitung melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap salah seorang oknum pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja pada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Bitung, pada Senin (7/3), sekitar pukul 23.00 WITA.

Pihak kepolisian berhasil meringkus ES (43) di kediamannya di Kelurahan Girian Indah Lingkungan V Nomor 80, Kecamatan Girian, Kota Bitung.

Kabid Humas Polda Sulawesi Utara, Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan, “Yang bersangkutan diduga keras telah melakukan tindak korupsi berupa gratifikasi dan/atau pemerasan yang terjadi pada Senin tanggal 7 Mei 2018.”

Kombes Pol. Ibrahim menambahkan, “Sebagaimana yang dimaksud dalam rumusan pasal 12 huruf b dan/atau huruf e UU RI No. 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.”

Menurut informasi dari masyarakat, oknum tersebut sering melakukan pungutan liar (pungli). Total jumlah keseluruhan uang yaitu senilai Rp 102.830.000 dan uang $ 720 dollar.

Kabid Humas Polda Sulut menambahkan, “Barang bukti uang tersebut sesuai dengan pengakuan tersangka adalah merupakan pemberian dari pengurus perusahaan pelayaran sebagai ucapan terima kasih setelah diterbitkannya SPB.”

Saat ini oknum PNS tersebut beserta barang bukti uang dan dokumen dibawa ke Mapolres Bitung untuk proses lebih lanjut.

(pr/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password