Satgas Pangan Polri Sita 70 Ton Bawang Bombai Ilegal

tribratanews.polri.go.id-JATIM. Gudang bawang impor ilegal milik PT Jakarta Sereal di Jalan Kasuari, Surabaya, Jawa Timur, berhasil digerebek oleh Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri pada hari Senin (7/4).

Kasatgas Pangan Polri, Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H., saat konferensi pers kasus tersebut menerangkan, pengungkapan kasus ini merupakan hasil pengembangan laporan dari masyarakat maupun petani secara langsung. Kemudian melakukan penggerebekan di lokasi penyimpanan bawang ilegal tersebut.

“Dari hasil penggerebekan itu, setidaknya ada sekitar 70 ton bawang merah dan jenis bombai milik PT JS yang berhasil disita.” jelas Jenderal Bintang Dua yang sekaligus menjabat sebagai Kadiv Humas Polri tersebut.

Selanjutnya, Kasatgas Pangan Polri menambahkan, Polisi juga mengamankan Direktur Utama PT JS dan menjeratnya dengan tiga sanksi hukum yakni, Undang-Undang 13 tahun 2010, Undang-Undang Konsumen serta Undang-Undang Pangan.

Menurut Jenderal Bintang Dua tersebut, Sesuai Permentan (Peraturan Menteri Pertanian) 105 tahun 2017, yang diizinkan masuk adalah bawang bombai berdiameter minimal 5 cm. Sementara bawang bombai impor milik PT JS, berukuran 3,5 cm. Jadi hampir menyerupai bawah merah.

“Kenapa dilarang? Karena harganya jauh lebih murah. Sehingga para petani mengeluh. Dan untuk melindungi petani, kami dari Satgas Pangan di bawah Direskrimsus Mabes Polri mengambil tindakan hukum,” jelas Kasatgas Pangan Polri.

(fk/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password